10/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Dua Siswa SMAN 1 Sigaluh Raih Beasiswa dari PPI Hiroshima

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Sebanyak dua siswa SMAN 1 Sigaluh menerima Beasiswa Bidik Anak Negeri dari Persatuan Pelajar Indonesia Komisariat Hiroshima Jepang. Mereka adalah Maura Putri dan Dian Tri Atmawati, siswa kelas XI.

Selanjutnya, keduanya memperoleh beasiswa pendidikan sejumlah satu juta rupiah yang diterimakan dalam dua tahap.

Dalam kesempatannya, Kepala SMAN 1 Sigaluh, Ibnu Rohmadi menyerahkan beasiswa tersebut kepada penerima di SMAN 1 Sigaluh dengan menerapkan Protokol kesehatan ketat, Kamis (10/6/2021).

Ibnu menjelaskan bahwa beasiswa ini rutin diberikan oleh PPI Hiroshima kepada siswa SMAN 1 Sigaluh dengan mekanisme seleksi yang ketat.

“Tahun ini tersedia 20 paket dan sekolah kami alhamdulillah mendapatkan kuota untuk dua siswa dan kami berusaha untuk mencarikan beasiswa untuk siswa kami yang berprestasi dan kurang mampu baik dana dari dalam maupun luar negeri,” kata Ibnu.

SMAN 1 Sigaluh selama ini memang dekat dengan Hiroshima karena mantan Kepala Sekolah Imam Raharjo pernah mengikuti Teacher Training selama 2 tahun di Hiroshima University. Mantan guru Iva Nandya Atika juga merupakan alumni S2 Hiroshima University.

Dan yang paling fenomenal yakni Dr Tuswadi selaku guru bahasa Inggris yang merupakan alumni S2 dan S3 Hiroshima University.
Bahkan Tuswadi pun pernah menjabat Presiden PPI Hiroshima.

Lebih lanjut, Tuswadi berkomitmen untuk terus menjadi penghubung kerjasama antara Indonesia-Jepang di bidang pendidikan.

Sejak masih jadi guru di SMAN 1 Sigaluh hingga kini, tidak kurang dari 40 mahasiswa sudah ia antar menjadi mahasiswa di Jepang melalui beasiswa.

“Ratusan beasiswa untuk anak-anak sekolah juga saya perjuangkan dan saya ingin agar kerjasama yang baik ini terus berjalan,” ungkapnya.

Tuswadi mengatakan, semenjak adanya pandemi, hubungan langsung menjadi agak sulit dilakukan seperti pertukaran pelajar yang dua tahun lalu sudah dilaksanakan oleh SMAN 1 Sigaluh. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *