08/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

DPKUKM Cilacap Gelar Sosialisasi HAKI Guna Mencegah Plagiarisme

CILACAP (BANYUMAS POS) – Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Cilacap menggelar sosialisasi prosedur pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI bagi pelaku UKM di aula PLUT UMKM Kabupaten Cilacap, Kamis (8/4/2021).

Sosialisasi kali ini menghadirkan narasumber tim dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto untuk memberikan materi kepada peserta puluhan pelaku UKM di wilayah Kabupaten Cilacap.

Bagi pelaku UKM, dalam menciptakan suatu produk merupakan hal yang sangat penting serta membutuhan waktu tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Maka hak cipta atau hak kekayaan intelektual merupakan aspek yang harus dipenuhi, agar produk yang dimiliki tidak diklaim secara sepihak oleh pihak lain.

Dalam sambutannya, Sekretaris DPKUKM Cilacap, Agus Firmanudin mengatakan, pelatihan prosedur pendaftaran HAKI ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan perlindungan terhadap kreatifitas dan hasil karya para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Cilacap.

“Dengan maksud agar hasil kreatifitas itu dihargai, dihormati serta tidak ditiru dan diakui oleh orang lain. Selain itu kepemilikan HAKI juga harus dipahami karena merupakan kebutuhan bagi pelaku usaha,” ujarnya.

Agus menambahkan, sosialisasi ini bertujuan supaya pelaku usaha memahami berbagai jenis HAKI, yang meliputi merek, hak cipta dan paten. Selain itu, juga memberikan fasilitas pendaftaran HAKI ke Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta guna mencegah plagiarisme produk.

“Harapan kami, setelah semuanya paham kemudian segera untuk mendaftar. Karena sangat disayangkan bila kesempatan ini tidak dimanfaatkan oleh pelaku usaha,” tutur Agus.

Menurutnya, produk yang dimiliki jangan sampai di tiru orang dan juga untuk mengantisipasi apabila nanti produknya sudah terkenal karena rentan sekali ditiru. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *