28/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

DPC Gerindra Melakukan Aksi Nyata Di Hari Sumpah Pemuda Dengan 4 Pilar

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Dalam rangka peringati Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober, DPC Gerindra Kebumen menggelar aksi nyata berupa vaksinasi Covid-19 tahap 1 untuk masyarakat umum.

Sebanyak 1.200 dosis disiapkan. Kegiatan bertempat di Rumah Ketua DPC Gerindra Kebumen, Agung Prabowo di Desa Jogomertan, Kecamatan Petanahan, Kebumen. Adapun Sosialisasi empat pilar bersama mahasiswa di Pendopo dengan tema ‘Peningkatan Nilai-nilai Kebangsaan di Lingkungan Perguruan Tinggi’.

Dalam kesempatannya, Wakil Ketua MPR RI, H. Ahmad Muzani menyampaikan bahwa empat pilar kebangsaan terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Semboyan Negara Bhinneka Tunggal Ika.

“Hari ini bertepatan dengan hari sumpah pemuda, kita ingat kembali sejarah berdirinya Indonesia diinisiasi oleh para pemuda dari berbagai suku dan ras yang bersatu. Kekuatan para pemuda merupakan kunci kemajuan bangsa Indonesia, tugas kita adalah menyiapkan generasi muda agar mempunyai kompetensi dan menerapkan nilai Pancasila,” ucapnya.

Dari berbagai universitas yang ada di Indonesia berdiri secara resmi pada tahun 2012 dengan nama Forum Komunikasi Mahasiswa Kebumen yang kemudian diganti menjadi suatu badan organisasi dengan nama badan Keluarga Mahasiswa Kebumen pada tahun 2019.

“Melalui berbagai program, kami berusaha untuk mengambil peran dan kontribusi khususnya pada sektor pendidikan yang ada di dalam lingkup kabupaten kebume dan melalui program sosialisasi 4 pilar kali pertama harapannya adalah kita semua disini selaku mahasiswa dapat kembali merefleksikan keluarga mahasiswa yang harmonis dan sinergis,” kata Ketua DPC Gerindra Kebumen, Agung Prabowo.

Dia menjelaskan, mulai dari kampus-kampus lokal maupun kampus-kampus yang jauh di luar sana. “Ibarat sebuah badan, kita adalah komponen-komponen yang saling terikat dan tidak dapat dilepaskan,” ujarnya.

Yang kedua, lanjut Agung, sosialisasi 4 pilar ini harapannya dapat menjadi wajah-wajah edukasi bagi kita semua khususnya bagi mahasiswa untuk kembali memperkuat nilai-nilai luhur yang seharusnya ditanamkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Pancasila sebagai ideologi negara kita UUD 1945 sebagai konstitusi negara-negara kesatuan republik Indonesia sebagai bentuk negara dan bhinneka tunggal Ika sebagai simbol yang wajib ditanam dan diimplementasikan dalam diri masing-masing individu.

“Untuk menyegarkan kembali komitmen dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dalam rangka mewujudkan negara Indonesia yang merdeka bersatu berdaulat adil dan makmur bertepatan dengan hari ini tanggal 28 Oktober badan keluarga mahasiswa kebumen mengucapkan selamat hari sumpah pemuda bagi kita semua khususnya kita yang ada di kabupaten kebumen untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional,” ungkapnya.

Menurutnya, sosialisasi ini juga dapat menjadi pembelajaran atau edukasi bagi mahasiswa yang pada saat ini cinta terhadap bangsa dan negara sebagai generasi penerus perjuangan bangsa yang terbentuk dari sisi usia dimanfaatkan untuk bisa lebih memahami.

“Kami memlilih mahasiswa sebagai peserta karena mahasiswa ini adalah penerus bagi bangsa dan usianya juga masih muda, serta semangatnya untuk berjuang di dalam berprestasi atau membangun agar lebih maju,” pungkasnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua MPR RI, H. Ahmad Muzani melalui virtual zoom, Ketua dan pengurus DPC Gerindra Kabupaten Kebumen, Ketua DPC Gerindra Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga dan Purwokerto.

Tampak hadir, Rektor dan mahasiswa universitas Putra Bangsa Kebumen, Politeknik Dharma Patria Kebumen, UMNU Kebumen, IAINU Kebumen, Universitas Muhammadiyah Gombong serta Ketua dan pengurus PAC Gerindra se-Kabupaten Kebumen. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *