22/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Dosen Politeknik Banjarnegara Raih Beasiswa S-3 ke Jepang

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) terus diupayakan di Politeknik Banjarnegara, kampus vokasi milik Pemerintah Kabupaten Banjarnegara di Provinsi Jawa Tengah.

Di bawah pimpinan Direktur Dr Tuswadi, pada 2021 ini dibidik dosen untuk penguatan kapasitas keilmuwan melalui pengiriman tenaga jalani studi program doktor ke luar negeri.

Dewie Sulistyorini, selaku Dosen Kebidanan Politeknik Banjarnegara dan Dewie Sulistyorini, salah satu dosen Program Studi Kebidanan Politeknik telah dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa S-3 pada Graduate School of Biomedical and Health Sciences Hiroshima University untuk admisi April 2022.

Menurut Dr Tuswadi yang langsung ikut mengawal proses seleksi, untuk masuk program doktor di Hiroshima University yang merupakan almamaternya ketika jalani S-2 dan S-3, calon mahasiswa harus melalui serangkaian tahap yaitu pemerolehan professor sebagai calon promotor, screening dokumen aplikasi, dan wawancara.

Dewie Sulistyorini telah melampaui ketiga proses tersebut dengan baik sehingga dirinya berhak menempuh S-3 di kampus kenamaan di kota yang dulu pernah dibom atom oleh tentara sekutu pada Perang Dunia II.

“Saya akan dibimbing oleh Profesor Moriyama yang merupakan pakar kebidanan/keperawatan internasional; insaa Allah saya akan mengambil riset seputar penanganan Ibu Hamil dan Bayi di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan itu sudah disetujui oleh beliau.

Saat pandemi sudah berakhir, terjadwalkan Januari-Februari 2022 nanti urusan paspor dan visa keberangkatan sudah beres dan akhir Maret saya akan berangkat memulai studi S-3 April 2022.

“Saya mohon doa restu dari segenap masyarakat Banjarnegara agar urusan studi saya lancar dan sukses, mampu lulus tepat waktu dan berprestasi,” kata Dewie Sulistyorini yang sebelumnya pernah terkirim ke Hiroshima untuk tampil di Joint Seminar Polibara-Hiroshima University-Hijiyama University 2020.

 

Dewie bergabung menjadi dosen di Politeknik Banjarnegara sejak 2008 dan menempuh S-2 di Universitas Diponegoro Semarang dengan meraih M.Kes. Sekolah Menengah dia lalui di SMPN 1 Banjarnegara dan SMAN 1 Banjarnegara.

Saat ditanya mengenai persiapan bahasa Jepang untuk ngangsu kawruh di Hiroshima, Dewie menjelaskan bahwa kuliah yang akan diikuti semuanya menggunakan bahasa Inggris, sehingga sejak lama sampai saat ini dia terus secara intensif mengikuti kursus bahasa Inggris agar tidak mengalami kesulitan komunikasi selama studi.

Beasiswa Dosen Kemendikbudristek RI studi di kampus luar negeri memakan biaya sangat besar, selain uang masuk dan SPP yang besarannya sampai Rp 30 juta/semester, biaya hidup di Jepang juga terbilang tinggi.

Politeknik Banjarnegara berkomitmen turut membantu para dosennya melamar dan meraih beasiswa dari Pemerintah RI. Diketahui, Dewie Sulisrtyorini usai melaksanakan Presentasi di Hiroshima University pada tanggal 5 Februari 2020 lalu.

Tuswadi menyampaikan bahwa para dosennya mendaftar Beasiswa Dosen Kemedikbudristek dan telah dinyatakan lulus sehingga insaa Allah studi S-3 Dewie Sulistyorini di Jepang akan dibiayai secara penuh oleh Kemendikbudristek. Cukup kompetitif memang namun dengan perjuangan yang tidak setengah-setengah semua alur seleksi bisa dia lalui.

“Kami berterima kasih pada Mas Mentri Nadim Makarim yang telah menggelontorkan beasiswa bagi dosen bersumber dari dana abadi yang dikelola oleh LPDP,” ucap Dr Tuswadi yang sangat optimis setiap tiga tahun sekali para dosen di Politeknik akan silih berganti raih ilmu dan gelar Doktor.

Sampai hari ini Tuswadi menjadi satu-satunya SDM Politeknik Banjarnegara yang sudah bertitel Doktor; pihaknya masih menunggu kewisudaan dua dosennya yang tengah menyelesaikan S-3 di Taiwan dan di Universitas Gajah Mada (UGM).

Studi S-3 secara normal bisa diselesaikan dalam waktu 3-4 tahun baik di kampus dalam maupun luar negeri dengan terlebih dahulu menelorkan sejumlah publikasi ilmiah pada jurnal bereputasi dan lulus ujian akhir disertasi. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *