14/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Ditinggal Sholat Id, Rumah Warga di Purbalingga Dilalap Si Jago Merah

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Naas dialami Reksa Suhali (80) warga RT 02 RW 01 Desa Sidanegara, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga karena pada perayaan Idul Fitri sebagian rumahnya harus ludes terbakar dilalap jago merah.

Kejadian itu dipicu akibat kelalaian Reksa Suhali yang meninggalkan tungku di dapur rumahnya saat masih menyala dan saat dirinya berangkat melaksanakan Shalat Id di Masjid, (13/5/2021).

Babinsa Koramil 02/Kaligondang, Pelda Waluyo yang turut membantu pemadaman di lokasi kejadian mengatakan, diduga penyebab utama kebakaran faktor kelalaian, dimana korban meninggalkan tungku yang masih menyala saat ditinggal melaksanakan shalat Id di masjid tak jauh dari rumahnya.

Menurutnya, disekitar tungku ada tumpukan kayu bakar lainnya sehingga menyebabkan kebakaran.

“Faktor lalai dimungkinkan menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran yang membuat dapur, kamar mandi dan gudang milik Reksa Suhali hangus terbakar,” tuturnya.

Hal itu diperkuat oleh pengakuan saksi Ruhito (53) tetangga korban yang melihat pertama kali api berasal dari arah dapur rumah korban.

“Nyala api nampak berawal dari dapur rumah milik korban,” katanya.

Setelah mengetahui kejadian tersebut, masyarakat kemudian berupaya memadamkan api dengan alat seadanya serta mengevakuasi barang milik korban ke tempat aman dan melokalisir kebakaran agar tidak merembet dengan merobohkan sebagian dinding rumah korban.

Selanjutnya, api baru dapat dipadamkan sekira pukul 08.45 WIB setelah 3 unit mobil pemadam kebakaran turun melaksanakan pemadaman. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebit dan kerugian material diperkirakan mencapai Rp 50 juta. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *