15/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Ditinggal Meladang, Rumah Warga Desa Langgongsari Ludes Terbakar

BANYUMAS (BANYUMAS POS) – Kebakaran menghanguskan rumah semi permanen milik Kodirin, (70) seorang petani asal Grumbul Karanggebang, Desa Langgongsari RT 01 RW 06 Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Rabu (15/9/2021).

Menurut keterangan saksi, Khusnul (60) selaku tetangga korban, ia melihat kepulan asap yang apinya sudah membesar dari belakang rumah Kodirin sekitar pukul 08.30 WIB. Melihat kejadian tersebut, saksi kemudian minta tolong kepada tetangga yang lain untuk memadamkan api.

“Rumahnya sebagian besar dari kayu, maka api tersebut secara cepat membesar Ditinggal Meladang, Rumah Petani Desa Langgongsari Ludes Terbakardan tidak bisa dikendalikan sehingga hampir 70 persen api menghanguskan rumah Kodirin. Warga sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya,” kata Khusnul.

Danramil 23/Cilongok, Kapten Inf Syukur membenarkan bahwa telah terjadi kebakaran rumah milik Kodirin warga Desa Langgongsari, Kecamatan Cilongok. Diduga, kebakaran berasal dari bara api yang masih menyala namun ditinggal pergi ke sawah oleh pemilik rumah.

Setelah mendapatkan informasi, Babinsa Desa Langgongsari, Koptu Basuki beserta Bhabinkamtibmas dan perangkat Desa Langgongsari secara cepat langsung mendatangi TKP untuk membantu membersihkan sisa-sisa kebakaran rumah milik Kodirin yang sudah hangus terbakar.

“Api dapat dipadamkan dengan alat seadanya. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi ditaksir mencapai Rp 20 juta, karena sebagian rumahnya hangus terbakar. Sementara ini, bapak Kodirin dibuatkan rumah tinggal di lokasi tersebut oleh warga secara gotong-royong,” ungkap Danramil.

Danramil mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan bersikap proaktif untuk membantu melaporkan setiap adanya bencana yang ada di lingkungan sekitar supaya cepat mendapat penanganan cepat dari instansi terkait.

Sementara, Pemerintahan Desa Longgongsari berencana akan membuat permohonan bantuan kepada Dinas Sosial Banyumas atas musibah yang dialami Kodirin, dengan harapan dapat menerima bantuan untuk dapat membangun rumahnya kembali. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *