26/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Disporapar Jateng Gelar Penyuluhan Wasbang dan Bela Negara di Desa Derik

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah menggelar penyuluhan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara di Desa Derik, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Kamis (26/8/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan Disporapar Jawa Tengah, Anggota DPRD Provinsi Jawa tengah, Sri Ruwiyati, Ketua DPRD kabupaten Banjarnegara, Ismawan Setyo Handoko beserta anggota DPRD Banjarnegara, Didi Sunaryo serta Kepala Desa Derik, Mardika Wulan Sari. Kegiatan berlangsung dengan menerapkan Prokes ketat.

Ismawan Dwi Handoko selaku narasumber mengatakan bahwa pentingnya Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bagi para kawula muda, khususnya di Desa Derik.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai bentuk kecintaan terhadap empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Undang-Undang Dasar 45 yang digagas oleh Taufik Keimas.

Lanjut Dwi, kegiatan ini sangat penting agar Warga Negara Indonesia (WNI) terutama warga Desa Derik tidak lupa dengan arti dari empat pilar kebangsaan tersebut.

“Saya selaku Ketua DPRD kabupaten Banjarnegara sekaligus anggota Partai PDI Perjuangan mempunyai tugas untuk memberikan pemahaman ideologi bangsa dan wawasan yang baik untuk menjalankan roda Pemerintahan, baik dari dataran atas maupun bawah dengan dasar kekuatan masyarakat yang sudah memahami prinsip ideologi nasionalisme yang baik,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan anggota DPRD Banjarnegara, Didi Sunaryo. Dengan adanya kegiatan ini, ia berharap bisa menambah wawasan kepada warga Desa Derik tentang empat pilar kebangsaan.

“Warga Desa Derik sangat antusias dan merespon sekali mengikuti kegiatan ini, mereka berharap agar kegiatan ini terus berlanjut bukan hanya sekali, namun ada kegiatan lanjutan agar semakin paham akan arti Wawasan akebangsaan dan empat pilar kebangsaan,” tutupnya. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *