07/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Dispertan Cilacap Bersama PHC Resmikan Lapak Petani Online

CILACAP (BANYUMAS POS)  – Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap bersama Petani Holtikultura Cilacap (PHC) dan Politeknik Negeri Cilacap meresmikan Lapak Petani Online.

Selanjutnya, peresmian dilakukan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK sekaligus anggota Komisi II DPR RI, Teti Rohatiningsih di halaman GOR Wijayakusuma Kabupaten Cilacap, Jumat (7/5/2021).

Kegiatan dihadiri, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Wasi Aryadi, Wakil Direktur Politeknik Negeri Cilacap (PNC), Agus Santoso, Ketua PHC, Arkom Hasani, perwakilan dari Bank Indonesia Purwokerto, dan OPD Cilacap.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK sekaligus anggota Komisi II DPR RI, Teti Rohatiningsih mengatakan jika program ini bisa menjadi media untuk mengarungi era revolusi 4.0 yang sudah merambah ke 5.0.

Dia mengharapkan jika program ini dapat memperbaiki gizi masyarakat kabupaten Cilacap dengan cara memakan makanan yang sehat yang dijual dan diolah langsung oleh para petani.

Ketua Paguyuban PHC, Arkom Hasani mengatakan, Lapak Petani online ini akan mewujudkan harapan para petani holtikultura.

“Harapan kami yaitu media penjualan. Media itu bisa mendongkrak dan mempermudah kita dalam memasarkan produk,” ungkapnya.

Menurutnya, penyebab kerugian petani bukan hanya karena hama, melainkan belum menemukan pasar yang adil.

“Melalui lapak petani ini, semoga bisa memangkas atau menekan margin antara tengkulak dengan petani, sehingga petani bisa menjual produknya dengan harga yang sesuai.” ujarnya.

Lapak petani online adalah bentuk kepedulian kepada petani. Program ini merupakan Kerjasama antara Pemkab Cilacap, PHC dan Politeknik Negeri Cilacap yang difasilitasi Bank Indonesia Cabang Purwokerto.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Cilacap, Supriyanto mengatakan ketersediaan yang ada di lapak petani online ini sangat menguntungkan karena wilayah lain bisa menyuplai ke wilayah lain.

Acara diramaikan dengan kegiatan jual beli oleh petani PHC. Produk yang ditawarkan diantaranya beras, buah buahan, sayur mayur, umbi-umbian, produk olahan seperti gula kelapa, kue dan lainnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *