25/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Disnakerin Cilacap Ingatkan Perusahaan, THR Dibayarkan Maksimal H-7 Lebaran

CILACAP (BANYUMAS POS) – Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Disnakerin) Kabupaten Cilacap telah mengingatkan kepada perusahaan untuk bisa membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) maksimal H-7 lebaran.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/6/HK.04/IV/2021 terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) yang ditujukan kepada perusahaan.

Kepala Disnakerin Kabupaten Cilacap, Dikdik Nugraha melalui Kabid Hubungan Industrial dan Jamsostek Waris Winardi mengatakan, ada aturan yang menyebutkan, akan ada sanksi bagi perusahaan yang tidak mampu membayarkan THR kepada karyawannya.

“Ada juga denda jika perusahaan terlambat membayar THR kepada karyawannya,” imbuhnya

Waris menjelaskan, jika THR tidak dibayarkan sesuai waktu, pertama pihaknya mempersilahkan perusahaan untuk berembug dengan pekerja, bisa melalui Serikat Pekerja (SP).

“Kalau sudah ada kesepakatan tidak masalah. Baru jika terjadi kebuntuan, kita fasilitasi di Disnakerin,” ujarnya.

Dia menambahkan, Surat Edaran (SE) Menaker ini sudah disosialisasikan kepada HRD perusahaan. Dan hasilnya sampai saat ini belum ada perusahaan yang mengajukan penangguhan THR.

“Sampai saat ini belum ada perusahan di Cilacap yang mengajukan penangguhan,” ungkapnya.

Terkait hal tersebut, pihaknya sudah membuat posko konsultasi dan pengaduan THR dan pihaknya juga mempersilahkan kepada pekerja untuk mengadukan jika perusahaannya tidak membayarkan THR.

“Posko ini berlaku untuk semua karyawan, baik karyawan lama atau karyawan baru. Proporsional, kalau setahun full berarti satu kali gaji, kalau misal baru tiga bulan berarti 3/12 kali gaji,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *