21/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Dishub Kebumen Gelar Konferensi Pers Evaluasi Penerapan Prokes Selama Libur Lebaran

Kebumen (Banyumas Pos) – Dinas Perhubungan Kabupaten Kebumen menggelar konferensi pers terkait evaluasi penerapan Prokes Selama Libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan Pemberlakuan Jalur Satu Arah (One Way) di Panggung Terbuka Diskominfo, Jumat (21/5/2021).

Acara dihadiri, Sekretaris Dinas Perhubungan Kebumen, Sugeng Ujarwanto, Kabid Pencegahan Bencana BPBD Kebumen, Elis Joko Widodo, Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Kebumen, Rison Sihotang dan Kabid Diskominfo Kebumen, Dewi Indri Astuti.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kebumen, Sugeng Ujarwanto menjelaskan, awal pemberlakuan sistem jalan satu arah koridor perkotaan Kabupaten Kebumen dimulai tanggal 5 Mei dan berakhir tanggal 20 Mei 2021.

Dia menambahkan, meski begitu, Pemkab Kebumen melakukan perpanjangan uji coba menuju ke permanen. Kebijakan itu dalam rangka mencegah kemacetan.

“Ini lantaran ruas jalan tersebut kepadatannya sudah tinggi. Selain banyaknya kendaraan, juga beban bahu jalan seperti parkir ataupun pedagang turut memperparah kemacetan jalan,” ujarnya.

Lebih lanjut, oleh karenanya, uji coba satu arah ini akan diperpanjang hingga 31 Mei 2021. Hal tersebut mendasari evaluasi dan kajian teknis bersama antara Dishub, Polres Kebumen, Satpol, sejumlah OPD dan Organda.

“Guna mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, perugas akan ditempatkan pada tujuh titik ruas jalan,” kata Sugeng.

Disisi lain, pihaknya juga sudah memasang APILL atau lampu rambu lalu lintas di simpang Wonoyoso, simpang empat Urip Jalan Soetoyo dan simpang empat Pegadaian.

Adapun tujuh ruas titik penjagaan petugas antara lain di Simpang Empat Pegadaian, SMP Negeri 5 Kebumen, SMA Negeri 1 Kebumen dan Simpang Empat SMP Negeri 1 Kebumen.

Selanjutnya, di Simpang Empat Polsek Kebumen, Simpang Tiga Pasar Burung atau Pasar Koplak dan Simpang Tiga Jalan Kolopaking Kusuma.

Kebijakan baru lainnya, lanjut Sugeng, yakni berkaitan dengan pintu masuk dan keluar Pasar Tumenggungan. Pintu masuk Pasar yaitu sebelah Selatan melalui Jalan Pahlawan, Sebelah Timur atau Pintu Utara Jalan Kusuma dan Sebelah Utara atau Pintu Barat melalui Jalan Kolopaking.

“Pintu keluar pasar berada di Sebelah Timur atau Pintu Selatan melalui Ruas Jalan Kusuma dan Sebelah Utara atau Pintu Timur melalui Ruas Jalan Kolopaking,” ungkapnya.

Sementara, Kabid Pencegahan Bencana BPBD Kebumen, Elis Joko Widodo mengatakan bahwa BPBD menangani segala kebencanaan yang ada di Kebumen.

“Di Kebumen baru terbentuk 70 Desta sedangkan Bupati menginginkan harus terbentuk 100 persen desta,” tuturnya.

Dia menjelaskan, terkait kebencanaan dari ahli geologi akan adanya bencana Megatras yang ada di India, BPBD Kebumem sudah mempersiapkan dengan memasang EWS tsunami yang telah terpasang di 20 titik tertentu. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *