18/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Dinkes Cilacap Gelar Sosialisasi Kampung Sehat di Nusawungu

CILACAP (BANYUMAS POS) – Kampung Sehat terus disosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Cilacap. Kali ini, Pemkab melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap mensosialisasikan Kampung Sehat kepada warga masyarakat Kecamatan Nusawungu. Kegiatan tersebut digelar di Pendopo Kecamatan Nusawungu, Kamis (17/6/21).

Kegiatan dihadiri, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Dr. Novita Irawati beserta stafnya, Konsultan, Verry Aji Kurniawan, Camat Nusawungu, Agus Supriyono, Danramil 05/Nusawungu diwakili Batuud Serma Mustika Irwan H, Kapolsek Nusawungu, AKP Rahmat, Kepala Puskesmas Nusawungu ll, dr. Gilang serta Kepala Desa se-Kecamatan Nusawungu.

Dalam sambutannya, Camat Nusawungu Agus Supriyono mengatakan, tujuan diadakan kegiatan sosialisasi kampung sehat ini sebagai tindak lanjut program kesehatan di Kabupaten Cilacap agar seluruh masyarakatnya semakin sehat dan hal ini terus disosialisasikan tentang hidup sehat dan pola hidup sehat sehingga warga sadar dan ikut berperan aktif dalam kegiatan kesehatan di masyarakat.

“Adanya kampung sehat, merupakan wadah dari kampung kampung lain. Nantinya untuk pelayanan mandiri dan PHPS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan semua itu bisa terwujud apabila semua stakeholder bisa bersinergi,” jelasnya.

Camat mengajak seluruh masyarakat untuk selalu mematuhi dan disiplin Protokol kesehatan, terutama bagi warga yang saat ini terpapar covid-19. Termasuk kegiatan Jogo tonggo juga harus aktif dalam mengawasi warga yang sedang melaksanakan isolasi mandiri serta mencukupi kebutuhannya.

Dalam kesempatannya, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Cilacap, Dr. Novita Irawati menyampaikan mengenai tujuan diadakan kampung sehat ini sebagai tindak lanjut dari program kesehatan di Kabupaten Cilacap dan harus di selesaikan pada tahun 2021.

“Kampung Sehat ini akan dilombakan. Untuk itu, kami mohon dukungan dan kerjasama kepada Pemerintah Kecamatan, Koramil, Polsek dan masing-masing Desa untuk mensukseskan kegiatan Kampung Sehat ini,” kata Novita.

Selain itu, ia menjelaskan tentang Misi dan Visi, pengertian Kampung Sehat, kriteria Kampung Sehat serta masalah Stanting. Selanjutnya ditambahkan oleh Kasi Pemberdayaan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Sri Mulyati yang menyampaikan tentang Dasar dan SK pembentukan Tim Kampung Sehat.

Diakhir kegiatan dilanjutkan Diskusi yang dipandu oleh Konsultan, Verry Aji Kurniawan tentang pengertian Kampung Sehat dan perlombaan guna memberdayakan masyarakat di bidang kesehatan yakni Promotif, Prefentif, Kuratif dan Rehabilitatif. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *