20/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Dikarenakan Belum Siap, Operasi Katarak Mbah Darsono Ditunda

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Upaya memberikan pelayanan kesehatan berupa operasi katarak kepada Darsono (65), seorang Lansia asal desa Karangreja RT 02 RW O2 Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen belum membuahkan hasil. Hal itu disebabkan Darsono yang belum kooperatif terhadap Tim bedah mata dari RS Purbowangi Gombong.

Operasi dipimpin langsung oleh Dokter Spesialis Mata sekaligus pemilik Rumah Sakit Purbowangi, dr. Fatah Widodo pada Senin (20/9) pukul 12.00 WIB. Operasi katarak tersebut dilakukan kepada dua Lansia terlantar yang saat ini mendapatkan layanan rehabilitasi di Rumah Singgah Dosa Raso Dinas Sosial PPKB Kabupaten Kebumen.

Dokter Spesialis Mata sekaligus pemilik Rumah Sakit Purbowangi, dr. Fatah Widodo menjelaskan, operasi hari ini untuk sementara dilakukan kepada Rohman. Sementara Darsono belum siap untuk menjalani operasi.

“Tadi sudah dicoba masuk ruang operasi, namun pak Darsono merasa takut. Sedangkan untuk operasi, pasien harus tenang dan mata tidak boleh bergerak. Jadi untuk Pak Darsono kita tunda dulu sampai betul-betul siap dioperasi,” terangnya.

Sementara, hasil operasi katarak Rohman, Fatah menjelaskan bahwa hasilnya bagus setelah menjalani operasi.

“Mudah-mudahan Pak Darsono jadi tertarik untuk mau dioperasi kapan saja. Kalau untuk pak Rohman sudah boleh pulang dan hasilnya bisa dilihat besok disaat kontrol,” ucapnya.

Dengan belum terlaksananya operasi katarak, Darsono sementara kembali ke Rumah Singgah Dosa Raso sembari menunggu dirinya siap untuk dioperasi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi Rehabilitasi Pelayanan dan Penyantunan Lanjut Usia Dinsos PPKB Kebumen, Mokhamad Anwarudin mengatakan, pihaknya akan berusaha mengkondisikan dengan mencoba menghadirkan psikolog untuk menstabilkan mental Darsono agar pada saatnya untuk bersedia menjalani operasi katarak.

“Upaya selanjutnya, mbah Darsono akan dirujuk ke Panti Lansia milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, di Pusat Pelayanan Sosial Lanjut Usia Wiloso Wredho di Purworejo,” pungkasnya.

Diketahui, operasi kepada kedua Lansia tersebut yakni Darsono dan Rohman tidak dipungut biaya alias digratiskan oleh pihak Rumah Sakit dan disupport oleh Komunitas Sedulur Kebumen, dibawah pimpinan Bapak Sugeng selaku Sesepuh Komunitas Sedulur Kebumen sekaligus pemilik Muncul Grup.

Diberitakan sebelumnya, Komunitas Sedulur Kebumen mengunjungi kediaman Darsono di Dusun Plesung, Desa Karangreja, Kecamatan Petanahan, pada Selasa, (14/9) lalu bersama Bupati Kebumen beserta Forkopimda dan Forkopimcam serta Kepala Desa Karangreja.

Dalam kesempatan itu, Komunitas Sedulur Kebumen memberikan bantuan dengan mendirikan rumah permanen untuk Darsono karena saat itu ia menempati rumah yang tidak layak huni.

Melihat kondisi fisik dan mental Darsono yang dinilai kurang, Komunitas Sedulur Kebumen bersama Bupati mengupayakan pelayanan kesehatan untuk Darsono, termasuk penglihatannya yang saat ini terganggu atau tidak bisa melihat, diduga terkena katarak. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *