10/12/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Difabel di Kebumen Terima Bantuan Kursi Roda dan Tangan Palsu dari YISA

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional, Yayasan Irma Surya Agusti (YISA) dan juga Mutiara Handy craft menggelar Bakti Sosial. Baksos tersebut berupa pembagian Kursi Roda, tangan palsu dan paket sembako, diberikan kepada para difabel.

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Kepemimpinan dan partisipasi penyandang disabilitas menuju tatanan dunia yang inklusif, aksesibel dan berkelanjutan pasca covid 19’, berlangsung di Benteng Van der wijck Gombong Jumat, (3/12/2021) lalu.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kebumen, Dr Budi Satrio dan Forkopimcam Gombong.

Ketua Yayasan, Yisa Irma Suryati menyampaikan, suksesnya peringatan Hari Disabilitas Internasional ini adalah atas bantuan dari semua pihak, terutama artis Ibukota Bertrand Antolin yang juga turut mensupport para difabel di Kebumen.

“Dalam baksos ini, dibagikan 300 paket sembako, 10 tangan palsupalsu dan juga 30 kursi roda serta pembagian beasiswa bagi anak anak dari disabilitas,” jelasnya.

Irma juga menyampaikan, para disabilitas akan selalu membuktikan mereka bisa mandiri, berprestasi dan berkarya meskipun dalam keterbatasan. Menurutnya, meski dalam keterbatasan para disabilitas tidak pernah menggantungkan diri kepada orang lain.

“Kita punya usaha ya, kesed kualitas ekspor ke Meolbern Australia, yang 20 persen keuntungannya untuk kegiatan sosial,” ungkapnya.

Sementara itu, Bertrand Antolin mengatakan, peringatan Hari Disabilitas Internasional ini merupakan sebuah kolaborasi antara anggota MPR-RI Reri Murdiyat, Bertrand dan juga Irma Suryati.

Pihaknya merasa bersyukur atas banyaknya bantuan bagi para difabel. Ia menilai perjuangan dari kolaborasi ini adalah memberikan pendidikan dan kesehatan yang layak bagi para difabel.

”Jadi ini adalah it’s among friends diantara teman teman yang memang concern dengan teman teman difabel,” ujarnya.

Staf Khusus MPR-RI, Lestari Murdiyat Anggiasari Puji Aryati menyampaikan selamat Hari Disabilitas Internasional. Ia berharap ruang partisipasi para disabilitas ditingkat Desa bisa semakin terbuka, dan mereka bisa berkontribusi di masyarakat membangun Indonesia dimasa pandemi Covid-19 ini.

“Salam hangat kepada para teman teman difabel, yang harapannya ruang partisipasi untuk teman teman disabilitas semakin terbuka, sehingga mereka bisa berkontribusi dalam pembangunan pasca covid-19,” tuturnya.

Salah seorang difabel, Riyan mengaku sangat bahagia dengan bantuan tangan palsu tersebut. Menurutnya ini sangat bermamfaat dan membantu. Terlebih untuk melalukan aktivitas sehari hari.

“Sangat bahagia, dan terbantu sekali mudah mudahan dengan adanya pembagian tangan palsu ini para disabilitas bisa terbantu,” katanya. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *