15/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Diduga dari Balon Udara, Petasan Timpa Rumah Lansia

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Meski telah sering dihimbau baik oleh Babinsa maupun Bhabinkamtibmas tentang larangan menerbangkan balon udara, namun masih saja ada warga yang membandel akan himbauan ini.

Alhasil rumah milik Rodiyah (64), Lansia warga RT 04 RW 01 Kelurahan Karangsentul, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga atapnya jebol karena diduga tertimpa petasan yang berasal dari balon udara, pada Sabtu, (15/5/2021).

Beruntung saat kejadian Rodiyah tengah menonton televisi di ruangan yang berbeda di rumahnya, dia terkejut saat ada suara gaduh seperti benda jatuh di atas rumahnya dan disusul suara ledakan petasan.

Adanya laporan atas kejadian tersebut, Babinsa Koramil 03/Kalimanah Posramil Padamara Kodim 0702/Purbalingga, Kelurahan Karangsentul, Sertu Kirno bersama anggota Polsek Padamara segera mendatangi TKP.

“Diduga ada balon udara yang diterbangkan warga dengan dipasang petasan di bawahnya, namun petasan tersebut jatuh menimpa atap rumah milik Rodiyah dan meledak sehingga mengakibatkan atap jebol,” ungkap Babinsa.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian material ditaksir mencapai Rp 1 juta akibat atap rumah yang jebol.

Dugaan ini diperkuat dengan kesaksian Riyanto (44) tetangga korban yang sebelum peristiwa tersebut terjadi konon pengakuannya melihat balon udara terbang dari arah utara.

Selanjutnya, ia juga melihat sejumlah petasan yang tergantung di balon udara itu terputus di udara dan jatuh entah dimana.

Meski tidak ada korban jiwa, namun Babinsa bersama unsur Kepolisian tetap akan melakukan penyelidikan untuk mencari siapa dan dari mana asal balon udara diterbangkan.

Kirno menjelaskan, pihaknya sudah sering melakukan himbauan kepada masyarakat untuk tidak menerbangkan balon udara apalagi menggunakan petasan yang digantung di bawahnya karena membahayakan.

“Namun sepertinya warga masih ada yang tetap menerbangkan balon udara,” ujarnya. (Jar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *