04/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Danrem 071/WK Pimpin Ziarah di TMP Tanjung Nirwana dan Tinjau Khitan Masal

BANYUMAS (BANYUMAS POS) – Untuk mengenang jasa para Pahlawan Kusuma Bangsa dan dalam rangka memperingati HUT Ke-76 TNI, Korem 071/Wijayakusuma laksanakan Ziarah Nasional ke Taman Makam Pahlawan Tanjung Nirwana, Purwokerto, Banyumas, Senin (4/10/2021).

Ziarah dipimpin langsung Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin diikuti Bupati Banyumas, Ahmad Husein, Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Trilastiono, Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, Budi Setiawan, Dandim 0701/Banyumas, Letkol Inf Candra, Danyonif 405/SK, Letkol Inf Kresna Santy Dharma dan Wakapolresta Banyumas, AKBP Kristanto,

Hadir pula, Kadisjan jajaran Korem 071/WK, Para Pasi Korem 071/WK, Paspotmar Lanal Cilacap, Mayor Laut (PM) Eko Budi S, Kadisops Lanud J. B. Soedirman, Mayor Tek Muhajir D. A. N dan segenap prajurit Korem 071/Wijayakusuma, prajurit TNI dari Kodim 0701/Banyumas, Lanal Cilacap, Lanud JB Soedirman Purbalingga, PNS Makorem 071/Wk serta Dharma Pertiwi Koorcab Purwokerto Daerah D.

Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin mengatakan, ziarah ini merupakan wujud penghormatan dan rasa terima kasih kepada para Pahlawan Kusuma Bangsa atas pengorbanan dan jasa-jasanya dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Disisi lain, menurut Danrem, dengan berziarah ke makam para pahlawan diharapkan dapat merefleksikan semangat dan perjuangan para pahlawan ke dalam diri kita untuk memantik semangat pengabdian kepada bangsa dan negara yang kita cintai.

Kegiatan Ziarah Nasional ini diawali dengan upacara dan dilanjutkan tabur bunga oleh Danrem 071/Wijayakusuma diikuti seluruh peserta upacara dilanjutkan Bakti Sosial Khitan Massal bagi masyarakat kurang mampu disekitar Makorem 071/Wijayakusuma.

Khitan Massal yang dilaksanakan di Koramil-8/Kalibagor, Kodim 0701/Banyumas ini dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT Ke-76 TNI yang dilaksanakan Korem 071/Wijayakusuma.

“Kegiatan Bakti sosial ini sebagai wujud kepedulian TNI khususnya Korem 071/Wijayakusuma untuk membantu masyarakatnya,” ujar Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin saat meninjau Khitan masal.

Danrem menambahkan bahwa Bakti sosial Khitan Masal ini dilaksanakan untuk membantu kesulitan dan untuk meringankan beban kehidupan masyarakat yang kurang mampu.

“Apalagi disaat masa pandemi covid-19 ini, kita sebagai bagian dari masyarakat bangsa, harus dapatnya membantu kesulitan yang dialami masyarakat sekitar kita. Ini bentuk kepedulian kita dan keprihatinan kita kepada anak-anak untuk membantu mereka yang kurang mampu, agar mereka bisa menjalankan kewajiban khitan khususnya bagi anak laki-laki,” ungkapnya.

Danrem berharap, setelah dikhitan mereka bisa beribadah dengan baik dan benar sesuai syariat Islam. Semoga mereka menjadi manusia dewasa yang semangat dalam menuntut ilmu untuk menggapai masa depannya.

“Karena khitan merupakan kewajiban yang harus ditunaikan, serta untuk menjaga kesehatannya,” pungkasnya. (dl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *