01/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Danramil Punggelan Apresiasi Warga Berinovasi Membuat Gula Bahan Baku Singkong

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Johan Irawan, warga asal Banjarnegara memanfaatkan hasil pertanian singkong untuk dijadikam gula rendah kalori dan ini merupakan inovasi warga yang membanggakan.

Johan sendiri berprofesi sebagai guru SMK di Banjarnegara di Desa Punggelan, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara.

Sambil melaksanakan tugas patroli traching terkait protokol kesehatan 3 M di masa pandemi covid 19 ini,
Danramil Punggelan, Kapten Inf Katut Suwaryanto bersama Kapolsek Punggelan, Iptu Harun AR menyempatkan diri mendatangi dan bekomunikasi langsung dengan Johan dirumahnya guna mengetahui cara memproduksi proses pembuatan gula singkong .

Dalam kesempatan tersebut Johan menjelaskan, latar belakang gula singkong sendiri tercetus ide darinya untuk membuat gula sejak tahun 2020 lalu.

Ia terdorong akan keprihatinan harga singkong yang begitu rendah saat ini sehingga petani singkong merasa merugi setiap panen.

Dari pemikirannya tersebut berbagai upaya di lakukan dan inovasi ini bisa membuahkan hasil berupa gula singkong yang telah berhasil di produksi.

Menurutnya, dengan mengkonsumsi gula ini akan lebih aman termasuk untuk penderita diabetes melitus dan anak hiperaktif.

Sementara, Danramil mengucapkan apresiasi atas upaya Johan yang telah berinovasi membuat gula singkong ini.

“Saya berharap terus mengembangkan produksi ini dengan inovasi inovasi lain sehingga warga sekitar turut tertarik untuk membuat kreatifitas makanan atau cemilan, maupun minuman yg berbahan dasar gula singkong, sehingga bisa menambah masukan perekonomian warga di masa pandemi ini,” kata Danramil.

Untuk produksi setiap bulannya bisa mencapai 20 ton gula singkong dan sudah mulai banyak konsumen tertarik mencoba produksi gula singkong serta mulai di pasarkan di berbagai daerah. Selain itu telah melibatkan orang yang memahami dalam pembuatan prasarana alat produksi yang dibutuhkan.

Dia optimis dengan harapan inovasi gula singkong ini ada pihak yang terdorong untuk membantu memasaran gula singkong ini agar lebih banyak lagi.

“Semoga hasil inovasi gula songkong ini bisa membantu menopang masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraanya di musim pandemi covod 19 ini,” pungkasnya. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *