11/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Danramil Berikan Pembinaan Kepada Linmas, FKDM, FKPM dan KST Desa Karanganyar

CILACAP (BANYUMAS POS) – Untuk mencegah terjadinya konflik di masyarakat, maka dibutuhkan terciptanya kehidupan masyarakat yang aman, tentram, damai dan sejahtera serta terpelihara hubungan yang harmonis, tegang rasa juga toleransi di dalam hidup bermasyarakat. Selain itu, budayakan musyawarah untuk mufakat,”

Hal tersebut disampaikan Danramil 10/Gandrungmangu, Kapten Inf Marjono saat memberikan pembekalan dalam kegiatan Pembinaan Linmas, FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat), FKPM (Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat) dan KST (Kader Siaga Trantib) Desa Karanganyar di Balai Desa Karanganyar Kecamatan Gandrungmangu, Jumat (11/6/2021).

Danramil menjelaskan, timbulnya konflik sosial di tengah masyarakat dapat memecah belah bangsa. Hal ini di sebabkan oleh kepentingan individu, kelompok, politik, suku, ras, agama serta sosial budaya.

Dalam kesempatannya, Danramil juga memberikan materi kesiapsiagaan/tanggap bencana skala lokal, penanganan konflik sosial dan Permendagri No. 12 tahun 2006 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di daerah.

Linmas, KST, FKDM, dan FKPM tersebut terbentuk Tim yang terdiri dari Toga, Tomas, Toda dan Tokoh Pendidik harus bisa berkolaborasi dengan Koramil dan Polsek sehingga sekecil apapun kejadian di wilayah, bisa segera dilaporkan dan melakukan langkah preventif dalam pencegahannya.

“Selain itu, salah satu tugas FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) adalah untuk menjaga keamanan bersama demi keutuhan NKRI,” ujar Marjono.

Danramil juga mensosialisasikan pentingnya vaksinasi kepada warga. Ia menghimbau agar warga tidak perlu takut dan ragu untuk divaksin karena vaksinasi ini bertujuan untuk membentuk imun tubuh agar mempunyai kekebalan terhadap virus atau penyakit.

“Saya berharap yang hadir disini untuk ikut serta mensukseskan program vaksinasi dengan cara mensosialisasikan dan mengajak saudara, keluarga dan warga dilingkungannya,” katanya.

Vaksinasi bisa juga dengan sistem jemput bola dan pelaksanaan vaksinasi bisa dilaksanakan di Balai Desa yang bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah dalam pelayanan vaksinasi.

Sementara itu, di sela-sela kesempatan, Kapolsek Gandrungmangu melalui Kanit Binmas Aiptu Sujarwo mengajak semua warga untuk menerapkan Polmas dalam menggiatkan kembali Pos Kamling.

FKPM (Forum Kemitraan Polisi Masyarakat) dituntut perannya dalam mendukung tugas pokok Polri yaitu memelihara keamanan dan keteriban masyarakat, penegakan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terhadap masyarakat serta membina masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat sadar hukum.

“Minimnya anggota masyarakat yang mempunyai hubungan dekat dengan anggota Polri di daerah sehingga menjadikan kendala bagi Polri guna menciptakan masyarakat yang aman dan tertib,” ungkapnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *