03/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Dandim Kebumen Berikan Bingkisan Kepada Empat Pelajar Orang Asal Papua (OAP)

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Dandim 0709/Kebumen, Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang memberikan bantuan berupa bingkisan yang berisi alat tulis untuk belajar kepada empat pelajar asal Papua yang bersekolah di SMA Negeri 1 Karanganyar, Kebumen.

Adapun dua pelajar telah lulus dari sekolah tersebut. diketahui keempat pelajar tersebut sekolah di SMU N 1 Karang anyar Kab.Kebumen melalui Program ADEM (Afirmasi Pendidikan Menengah).

Penyerahan bingkisan diberikan oleh Dan Unit Intel Kodim 0709/Kebumen, Letda Arh Budi Santoso dikediaman Theresia Siswati selaku guru pendamping yang beralamatkan Jalan Ampera 47 Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kebumen, Minggu (3/10). Bantuan tersebut merupakan wujud perhatian dari Kodim 0709/Kebumen kepada generasi penerus bangsa.

Pemberian bingkisan kepada keempat pelajar tersebut bertepatan dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, atau PON Papua 20 yang merupakan ajang olahraga nasional, yang diselenggarakan di Prov.Papua.

Pekan Olahraga Nasional 2020 di Papua tersebut rencananya akan berlangsung pada 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021 dan pembukaan yang digelar di Stadion Lukas Enembe Papua pada Sabtu (2/10) malam.

Empat pelajar yang mendapat bingkisan dari Kodim 0709/Kebumen ini yakni Mariana Dewilbe Balagaize Bin Yosep Balagaize, Kimaam (19) asal Desa Wongekel RT 10/I Kecamatan Ilwayab, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua dan Yohana Germanar (19) asal Desa Mandala Jalan Pendidikan RT 21/II Kecamatan Merauke, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Selanjutnya, Leoni Bame Bin Paskalis Bame (20) asal Desa Kombif Jalan Matowaya Suswa Kecamatan Mare, Kabupaten Maybart, Provinsi Papua Barat. Ia sudah lulus dan melanjutkan kuliah di Universitas Riau namun saat ini tidak tinggal di Kebumen dan Jireh Dogomo (20) asal Desa Gopanya Jalan Metapode, Kecamatan Tigi, Kabupaten Yahokimo, Provinsi Papua. Ia juga sudah lulus dan melanjutkan kuliah di Institut Pertanian Bogor.

Dandim 0709/Kebumen, Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang melalui pesan yang disampaikan Dan Unit Intel Kodim 0709/Kebumen mengatakan agar para siswa tetap fokus belajar dan jangan mudah terpengaruh isu atau pemberitaan di media yang belum tentu kebenaranya serta selalu ingat dan berpedoman kepada pesan orang tua.

“Selain itu, selalu menanamkan cinta tanah air yaitu NKRI dan selalu belajar serta terus berkarya untuk mencapai cita-cita sehingga menjadi kebanggaan orang tua,” tandasnya.

Menurut Dandim, generasi muda harus memiliki kemampuan, semangat tinggi dan wawasan yang lebih luas untuk mengembangkan diri demi memajukan negara dan bangsa.

“Genarasi muda adalah generasi penerus estafet bangsa. Oleh karena itu, persiapkan diri guna menghadapi masa depan yang akan semakin banyak tantangan, serta menuju Indonesia yang hebat dan tangguh,” ujar Dandim.

Yohana, salah satu pelajar penerima bantuan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 0709/Kebumen, Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang atas bingkisan yang diberikan.

“Terima kasih kepada bapak Dandim 0709/Kebumen yang begitu perhatian kepada kami sehingga dalam melaksanakan pendidikan di Kebumen kami merasa sangat nyaman dan juga merasa tidak dibeda-bedakan seperti saudara sendiri.Kami pun senang atas bingkisan yang diberikan,” ungkap Yohana.

Hal sedana juga disampaikan Mariana. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dari Kodim 0709/Kebumen kepada para pelajar asal Papua.

“Kami akan selalu ingat pesan orang tua untuk selalu belajar dengan tekun sehingga cita-cita yang diinginkan bisa tercapai dan bisa membanggakan serta membahagiakan orang tua,” katanya.

Mariana juga menyampaikan cita-citanya ingin menjadi Kowad TNI. Sementara Yohana menyampaikan rencananya akam melanjutkan kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). ( Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *