24/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Dandim Cilacap Pimpin Sidang Pankar UKP Anggota Periode 1 April 2022

CILACAP (BANYUMAS POS) – Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Afandi memimpin Sidang Pankar (Panitia Karier) UKP (Usul Kenaikan Pangkat) Periode 1-4-2022 di Aula Satya Kartika Markas Kodim 0703/Cilacap, Rabu (23/6/2021).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kasdim, Mayor Inf Abdul Asis Lallo, Pasipers, Kapten Cpm Agus Santoso, para Perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim 0703/Cilacap.

Selain Sidang Pankar UKP Periode 1-4-2022, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan sidang Tahorneg TA.2021.

Saat membuka sidang Pankar, Dandim menegaskan, kenaikan pangkat merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi seorang prajurit. Bahkan kenaikan pangkat itu, menjadi salah satu penghargaan Satuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi anggotanya.

“Kenaikan pangkat ini merupakan bagian dari kesejahteraan. Namun demikian, harus melalui mekanisme yang harus dilalui oleh seorang prajurit yang diusulkan kenaikan pangkatnya,” tambahnya.

Dandim menjelaskan, sidang Pangkar ini bertujuan untuk mengetahui dari berbagai aspek yang merupakan persyaratan menyangkut kenaikan pangkat prajurit apakah layak atau tidak untuk diusulkan ke Komando Atas.

Menurutnya, selain nilai UKP harus memenuhi syarat lulus, personil yang diajukan juga harus berbadan sehat serta lulus tes kesamaptaan jasmani dan tidak mempunyai catatan buruk selama berdinas.

“Kalau mau berperang maka kita harus siap, artinya Satuan hanya mengusulkan namun personil itu sendiri yang harus berusaha untuk bisa lulus,” kata Dandim.

Untuk itu, bagi personil yang diusulkan, nantinya akan dilakukan pembinaan dan dipusatkan di Kodim agar saat melaksanakan uji kenaikan pangkat. Mereka harus siap dan mampu melaksanakannya dengan baik.

Sementara itu, Pasipers Kodim 0703/Cilacap Kapten Cpm Agus Santoso mengatakan, untuk Personel Kodim 0703/Cilacap yang diusulkan kenaikan pangkat reguler periode l bulan April tahun 2022 yang berjumlah 28 orang teridiri dari 1 Perwira, 24 Bintara dan 3 Tamtama.

“Selain usul kenaikan pangkat reguler, dalam Sidang Pankar kali ini juga diusulkan Kenaikan Pangkat Penghargaan bagi 19 Personel yaitu Bintang Kartika Eka Paksi Nararya 5 Personel, SL Kesetiaan XXIV Tahun 14 Personel,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *