09/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Dandim Cilacap Pimpin Sertijab dan Pelepasan Danramil Purna Tugas, Ini Pesannya

CILACAP (BANYUMAS POS) – Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Afandi memimpin Korps Raport Serah Terima Jabatan Danramil dan Pelepasan Danramil yang Purna Tugas. Kegiatan dilaksanakan di Aula Satya Kartika, Makodim 0703/Cilacap, Jalan Jenderal Sudirman No. D-1 Cilacap, Jumat (9/7/2021).

Kapten Inf Umar Juhepa yang sebelumnya menjabat Danramil 15/Karangpucung kini digantikan Kapten Inf Tugirun dan pelepasan Danramil 16/Wanareja, Kapten Inf Sidin serta Danramil 04/Binangun, Kapten Inf Ngadisan yang memasuki masa Purna Tugas atau pensiun.

Kegiatan dihadiri, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII, Ninda Andi Afandi beserta pengurus, Kepala Staf Kodim, Mayor Inf Abdul Asis Lallo beserta Perwira Staf dan Danramil Jajaran, Ketua Ranting serta Anggota Kodim 0703/Cilacap.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan Sertijab Ketua Ranting 16 dari Ny. Umar Juhepa kepada Ny. Tugirun dan sebaliknya yang ditandatangani Ketua Persit KCK Cabang XVIII.

Dalam amanatnya, Dandim Letkol Inf Andi Afandi mengatakan, Sertijab di lingkungan TNI adalah hal yang lumrah. Demikian halnya bagi prajurit yang memasuki masa MPP atau pensiun. Oleh karenanya, dedikasi, kerja keras dan pengabdian akan menjadi acuan bagi generasi penerus untuk melanjutkannya.

“Ada satu pepatah “Off Soldier Never Dies”, sesungguhnya masa purna tugas tidak mengakhiri pengabdian seorang prajurit kepada bangsa dan negaranya,” tandasnya.

Dikatakan Dandim, pengabdian seorang prajurit akan terus berlangsung selama hayat di kandung badan.

“Kita prajurit boleh pensiun, tetapi jiwa sapta Margais dan Sumpah Prajurit akan selalu melekat dalam diri kita. Pindah jabatan, pensiun dan lainnya adalah bagian dari hidup kita,” terangnya.

Maka dari itu ia berharap, semua prajurit harus memaknai hidup menjadi manusia yang bermanfaat, berguna bagi manusia lainnya dan lingkungan sekitar.

“Kepada Kapten Inf Ngadisan dan Kapten Inf Sidin, kami keluarga besar Kodim Cilacap mengucapkan terimakasih dan penghargaan atas dedikasi dan pengabdian yang selama ini telah ditorehkan, baik membawa nama baik Koramil atau secara umum Kodim 0703/Cilacap,” ucapnya.

Dandim berpesan kepada Kapten Inf Umar Juhepa dan Kapten Inf Tugirun agar melaksanakan tugas, wewenang dan tanggungjawab dengan baik.

Selain itu, Dandim juga mengajak kepada seluruh Perwira dan prajuritnya untuk selalu berdoa dalam setiap kesempatan dan selalu kompak, ikhlas dalam berbuat kebaikan di manapun bertugas.

Menurutnya, tidak ada orang-orang yang hebat, tidak ada orang yang unggul, yang ada adalah orang-orang yang baik yang berkumpul untuk berbuat kebaikan dan ikhlas.

“Hari ini saya bangga melepas Pak Sidin dan Pak Ngadisan. Saya adalah generasi muda dan generasi penerus, saya akan lanjutkan dedikasi para senior-senior seperti anda semua,” pungkasnya.

Diakhir kegiatan, Dandim beserta Ketua Persit Cabang XVIII menyerahkan cindera mata kepada Kapten Inf Ngadisan dan Kapten Inf Sidin beserta para isteri dengan diakhiri ucapan selamat yang diikuti oleh Kasdim, Danramil dan Prajurit Kodim 0703/Cilacap. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *