27/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Dandim Cilacap Kunjungi Keluarga Korban KRI Nanggala 402 dan Beri Santuan

CILACAP (BANYUMAS POS) – Sebagai ungkapan duka cita atas gugurnya Almarhum Sertu (Bah) Yoto Eki Setiawan, Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Afandi mengunjungi rumah keluarga korban KRI Nanggala 402 di RT 04/03 Desa Segaralangu, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, Selasa (27/4/2021).

Kedatangannya didampingi Pasi Pers Kodim 0703/Cilacap, Kapten CPM Agus Santoso, Danramil 12/Kedungreja, Kapten Inf Tasino, Anggota Persit KCK Ranting 12 Koramil 11/Sidareja dan Ranting 13 Koramil 12/Kedungreja, Kepala Dinsos Kabupaten Cilacap diwakili Tindar Pratama Aji, Camat Cipari, Achmad Husin dan Kepala Desa Segaralangu, Ismail.

Maksud kedatangan Dandim beserta rombongan adalah untuk melayat dan menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada pihak keluarga Almarhum Sertu Yoto Eki Setiawan.

Dalam kesempatannya, Dandim menjelaskan bahwa almarhum merupakan putra terbaik Bangsa dan kebanggaan keluarga, warga Desa Segaralangu dan Kabupaten Cilacap.

Diketahui, Sertu Yoto Eko Setiawan dinyatakan gugur setelah KRI Nanggala 402 tenggelam kurang lebih 850 meter dibawah permukaan laut dan telah mendapat kenaikan pangkat anumerta dari Negara.

Sertu Yoto Eko Setiawan meninggalkan seorang istri. Selain sebagai Kepala keluarga, Almarhum juga menjadi tulang punggung dua adiknya yaitu Devi Elisa Fajar (16) Pelajar Kelas 1 SMU dan Wahyuningsih (7) Pelajar kelas 1 SD.

Menurut Dandim, Sertu Yoto Eki Setiawan adalah kesatria Bangsa, kebanggaan Bangsa dan keluarga. Dia mengabdi sebagai anggota TNI dan telah mengabdikan diri kepada Bangsa dan menjadi tulang punggung keluarga.

“Untuk itu, saya mewakili keluarga besar Kodim 0703/Cilacap termasuk Forkopimda menitipkan pesan bahwa baik TNI, Pemda, dan lapisan masyarakat, ini adalah keluarga besar kita bersama yang menjadi tanggungjawab bersama dan harus kita kawal bersama,” ungkapnya.

Sementara, Rusiti selaku pihak keluarga dari Sertu Yoto Eki Setiawan memohon doa agar bisa mendapat mukjizat dari Allah SWT untuk keselamatan anaknya.

Meskipun telah dikabarkan kapal selam telah pecah menjadi tiga bagian, namun dirinya masih berharap ada mukjizat karena sampai saat ini belum ada kabar berita ditemukannya ABK kapal selam satu orang pun.

“Oleh karenanya, kami keluarga terus berdoa semoga ada mukjizat dari Allah SWT,” Ucapnya.

Gugurnya Sertu Yoto Eki Setiawan rupanya mendapat perhatian dari Dinas Sosial Kabupaten Cilacap.

Perwakilan Dinas Sosial Cilacap, Tingar Pratama Aji menyatakan bahwa pihaknya akan membantu proses bantuan sosial hingga ke Kementrian Sosial RI.

Diakhir kunjungannya, Dandim 0703/Cilacap juga memberikan santunan dari Keluarga besar Kodim 0703/Cilacap dan dari Komandan Korem 071/ Wijayakusuma yang diserahkan Letkol Inf. Andi Afandi kepada Ananda Devi Elisa Fajar, adik Sertu Yoto Eki Setiawan.

“Boleh kita kehilangan satu kesatria Bangsa, tetapi tugas kita disini adalah bagaimana yang hidup ini mendoakan dan membantu keluarga yang ditinggalkan. Itulah pesan kami yang terbaik,” ujarnya.

Selanjutnya, Kodim 0703/Cilacap akan berkoordinasi secara ketat dengan Forkopimda dan menyiapkan masa depan adik-adiknya untuk bisa meneruskan cita-cita kakaknya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *