29/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Dalam Rangka Pembentukan BUMP, Poktan Seknas BUMP Gelar Rapat

CILACAP – (BANYUMAS POS) – Dalam rangka persiapan Pembentukan BUMP (Badan Usaha Milik Petani) Poktan Seknas BUMP dan staf khusus Gubernur Jateng gelar rapat dengan SRG Cilacap untuk membangun kemitraan.

Rapat dilaksanakan di Gudang SRG (Sistim Resi Gudang) Filial Bulog Cindaga Kabupaten Cilacap Jalan Raya Kunci, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Kamis (29/4/2021)

Rapat dihadiri, Ketua Seknas BUMP, Sugeng Edi Waluyo, Staf khusus Gubernur Jateng, Warsito, perwakilan Disperindag Jateng, Rini, perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Jateng, Agus Waryanto, Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Cilacap, Susilan.

Tampak hadir, Sekretaris Camat Sidareja, Rom Muchdlori, Kapolsek Sidareja, AKP Suwarno, Sekretaris Desa Kunci, Syamzul Sani, Pengelola Gudang SRG Filial Bulog Cindaga, Suswanto dan para Ketua Gapoktan.

Badan Usaha Milik Petani (BUMP) dimaknai sebagai inovasi kelembagaan ekonomi petani yang memiliki tujuan untuk meningkatkan keuntungan ekonomi petani melalui usaha-usaha produktif dalam sistem agrobisnis.

Selanjutnya, tujuan BUMP adalah untuk mengidentifikasi dan mengakomodir peran anggota dalam mewujudkan kemandirian petani serta Perlindungan dan Pemberdayaan Petani sesuai UU No.19 tahun 2013.

Dalam kesempatannya, Ketua Seknas BUMP Sugeng Edi Waluyo mengatakan, BUMP dibentuk untuk meningkatkan kemandirian petani melalui pemberdayaan sistem agrobisnis pertanian.

“Selain itu, sebagai penunjang bagi petani seperti layanan akses perbankan, layanan penerapan teknologi pertanian, dan layanan penyuluhan kebijakan dari Pemerintah melalui usaha-usaha yang dilaksanakan oleh BUMP agar petani mampu meningkatkan perekonomian dengan lebih baik dan sejahtera,” ungkapnya.

Dalam persiapan pengurusan pembentukan BUMP diwilayah Cilacap, perlu dipersiapkan yang matang dari mulai pemegang saham serta personil struktur yang mampu mengendalikan BUMP dengan penuh tanggungjawab, profesional dan komitmen serta ada kemauan.

Sementara, staf khusus Gubernur Jawa Tengah, Warsito menjelaskan, petani sebagai produsen pangan dan aktor penting, maka sangatlah tepat kesejahteraan petani agar diperhatikan dan problem petani juga penting untuk difokuskan dalam perannya sebagai tombak ketahanan pangan.

“Dengan dibentuknya BUMP ini, maka petani akan kuat dengan modal sosial dan modal finansial guna menjamin kehidupan petani yang lebih baik,” ujarnya.

Pengelola Gudang SRG Filial Bulog Cindaga, Suswanto menyambut positif hadirnya BUMP yang nantinya akan memajukan kesejahteraan dan meningkatkan kehidupan petani.

“Di Kabupaten Cilacap, sudah ada 14 Gapoktan yang sudah bergabung dan nantinya merekalah yang akan menjadi pengurus BUMP. Saya berharap sinergi dan kemitraan terbangun dengan baik, sehingga akan memudahkan dalam pengelolaannya,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *