01/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Curi Tanaman Hias, Tiga Pemuda Ditangkap Sat Reskrim Polresta Banyumas, Satu Pelaku di Bawah Umur

Banyumas (Banyumas Pos) – Sat Reskrim Polresta Banyumas, Polda Jateng berhasil ungkap kasus pencurian tanaman hias di kios bunga UD Nusa Indah Desa Kutasari, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Minggu (30/5/2021) lalu.

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol M. Firman Lukmanul Hakim melalui Kasat Reskrim Polresta Banyumas, Kompol Berry menjelaskan bahwa ketiga pelaku yang ditangkap masing-masing berinisial MA (24) warga Desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, DA (25) warga Desa Pasirmuncang, Kecamatan Purwokerto Barat dan HA yang masih dibawah umur (17) warga Desa Babakan, Kecamatan Karanglawas, Kabupaten Banyumas.

“Atas dasar laporan kepada polisi, Tim kemudian mencari informasi di seputaran jual beli bunga di daerah Purwokerto, saat Tim datang ke kios bunga yang bertempat di belakang SPBU Ovis, Tim mendapati dua orang yang mencurigakan,” kata Kasat Reskrim.

Setelah dilakukan introgasi oleh polisi, orang tersebut mengakui bahwa tanaman hias tersebut adalah hasil pencurian di UD Nusa Indah Baturaden.

Berry menambahkan, modus pelaku yaitu datang ke tempat budidaya bunga dan masuk dengan cara membuka lilitan kawat (kunci pintu). Kemudian pelaku mengambil bunga-bunga tersebut lalu membawanya pergi.

Menurut keterangan pelapor, pada hari sabtu (29/5/2021) tanaman miliknya yang hilang diantaranya bunga jenis kresna black, bunga Dut dan bunga Hot laddy.

Lebih lanjut, pada hari minggu (30/5/2021) pelapor juga kehilangan 10 bunga miliknya yang sudah dicabuti dari potnya. Total kerugian dari aksi pencurian tanaman hias tersebut sebanyak Rp 6 juta.

“Atas perbuatannya, kedua pelaku MA dan DA dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana tujuh tahun. Sedangkan untuk pelaku anak dibawah umur masih ditangani oleh unit PPA Sat Reskrim Polresta Banyumas,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *