02/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Cegah Teror, Polres Cilacap Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Paskah 2021

CILACAP (BANYUMAS POS) – Polres Cilacap, Polda Jawa Tengah melaksanakan Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Paskah (Wafat Isa Almasih) tahun 2021 di Lapangan Sarja Arya Racana, Mapolres Cilacap, Jumat (2/4/2021).

Apel dipimpin langsung Kapolres Cilacap, AKBP Dr Leganek Mawardi diikuti segenap jajaran di wilayah hukum Polres Cilacap.

Kegiatan dilaksanakan sebagai pengecekan dan kesiapan personel pengamanan, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam melaksanakan pengamanan kegiatan masyarakat guna mewujudkan situasi yang aman dan kondusif di wilayah Cilacap.

Perayaan Paskah secara universal dilaksanakan oleh umat Kristiani dalam memperingati wafat Isa Almasih yang diharapkan dapat terselenggara dengan aman, nyaman, dan lancar.

Kapolres mengatakan, beberapa ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang perlu diantisipasi adalah masih ada ancaman serangan teror, seperti yang terjadi beberapa hari yang lalu di depan Gereja Katedral Kota Makassar. Selain itu juga upaya penyerangan petugas Polri di Pos Penjagaan Mabes Polri oleh terduga teroris.

“Peningkatan kegiatan masyarakat terkait libur panjang serta potensi konflik dalam kehidupan masyarakat terkait perayaan Paskah tahun 2021,” imbuh Kapolres.

Dengan peningkatan aktivitas kegiatan masyarakat, tentu saja akan menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu, Polri beserta unsur pengamanan lainnya menyelenggarakan kegiatan pengamanan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, serta penegakan hukum secara tegas, profesional, dan humanis.

“Tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan ibadah Paskah dan libur panjang dengan aman dan nyaman,” ujar Kapolres.

Kapolres berpesan agar anggota yang melaksanakan kegiatan selalu meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di tempat ibadah, keramaian massa, maupun tempat umum lainnya.

“Lakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi intimidasi dari kelompok tertentu maupun ormas, dan apabila terjadi lakukan tindakan tegas yang profesional. Lakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder, dengan pemerintah daerah, serta seluruh elemen masyarakat, untuk bersama-sama menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Cilacap,” kata Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres meminta pengamanan di gereja tempat ibadah dan kebaktian Paskah memperhatiakan protokol kesehatan Covid-19.

“Lakukan imbauan-imbauan tentang kamtibmas dan protokol kesehatan Covid-19 kepada masyarakat,” tandas Kapolres. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *