22/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Cegah Penyebaran Covid, Fortasi Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Wilayah Desa Pasir Wetan

BANYUMAS (BANYUMAS POS) – Tidak hanya Pemerintah, akhir pekan dimasa pandemi Covid-19, dimanfaatkan forum relawan lintas organisasi (Fortasi) dengan melakukan penyemprotan disinfektan, Minggu (22/8/2021).

Dalam kegiatan tersebut diikuti 30 orang terdiri dari Serayu Rescue, MDMC, Satria Reptil Banyumas, Mahasiswa KKN Unsoed, UNU KKN Purwokerto, Linmas , Banser, Relawan ODGJ Banyumas, Babinsa dan Babinkamtibmas serta Perangkat Desa Pasir Wetan.

Penyemprotan disinfektan dilakukan secara masal di beberapa titik di wilayah Desa Pasir Wetan, Kecamatan Karanglewas. Mulai dari Balai Desa Pasir Wetan, Grumbul Karangduren, Grumbul Pekuncen, Grumbul Suka Damai, Grumbul Karanganyar dan Grumbul Sokawera.

Kegiatan tersebut dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19. Untuk mempercepat proses penyemprotan disinfektan, anggota Fortasi dibagi menjadi 3 tim. Sehingga siang hari ditargetkan sudah selesai.

Pembina Fortasi, Eddy Wahono menjelaskan tujuan dilaksanakannya penyemprotan dikarenakan Kecamatan Karanglewas masuk zona merah, salah satunya Desa Pasir Wetan.

“Karanglewas dianggap zona merah, ditandai dengan kenaikkan angka penderita Covid-19 yang mencapai 26 orang terkonfirmasi positif, “katanya.

Peran serta masyarakat terutama kelompok sosial kini diharapkan harus menjadi garda terdepan dalam membantu upaya Pemerintah menekan laju Covid-19.

“Terbukti semakin ada peran warga Kanglewas mengalami penurunan , pada hari ini menurun yang terkonfirmasi positif sebanyak 16 orang,” terang Eddy.

Ketua Fortasi, Sudjadmiko menambahkan, kegiatan kemanusiaan ini khususnya dalam penanggulangan wabah Covid-19, untuk penyemprotan masal juga telah kami laksanakan di Desa-desa yang berada di Kecamatan Rawalo dan Sumpiuh.

“Bila masyarakat seperti kami juga gencar menjaga Prokes dan pencegahan, peran dinas khususnya BPBD Banyumas dan PMI, TNI serta POLRI pasti mendukung,” ujarnya.

Lanjut Sudjadmiko, Fortasi juga mempunyai Tim Relawan khusus menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

“Di Desa Karangsari, Karanglewas beberapa waktu lalu tanggal 18 Agustus 2021 juga telah mengevakuasi satu warga yang terkena gangguan jiwa ke rumah sakit umum Banyumas untuk dirawat karena meresahkan warga,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Desa Pasir Wetan, Indriyani mengaku bangga adanya peran serta dari warga di wilayahnya.

“Pemdes berterimakasih untuk peran masyarakat khususnya Fortasi yang selalu menjadi pelopor kegiatan kemanusiaan di wilayah Banyumas,” ucapnya.

Menurutnya, peran Keterpaduan lintas dinas dan masyarakat yang menyatu diharapkan dapat mengurangi merebaknya wabah Covid-19 di wilayah Kecamatan Karanglewas, khususnya Desa Pasir Wetan.

Serta dapat memberikan pengertian secara langsung pada masyarakat untuk melaksanakan Prokes sehingga penurunan dampak wabah Covid-19 dapat tercapai.

“Mari kita sama-sama berperan menanggulangi wabah Covid-19 dan Pemerintah Desa seperti kami tentu sangat merasa terbantu juga,” pungkasnya. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *