22/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemdes Karangturi Laksanakan PPKM Mikro

Cilacap (Banyumas Pos) – Pemerintah melalui Kemendagri mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang berbasis skala mikro (PPKM Mikro) hingga tingkat RT/RW untuk pengendalian Covid-19.

PPKM Mikro ini telah dilaksanakan di masing-masing Desa di wilayah Kabupaten Cilacap, salah satunya dilakukan di Desa Karangturi, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap dengan membentuk Tim Satgas Covid-19 Desa Karangturi terdiri dari perangkat Desa, Lembaga, pemuda karang taruna, bidan desa serta mitra kerja Babinsa dan Babinkamtibmas.

Selain itu, melakukan pemberdayaan masyarakat dalam percepatan penanganan Covid-19 di Tingkat RW melalui Pembentukan Satgas Jogo Tonggo.

Sekretaris Desa Karangturi, Sigit Bintoro saat ditemui dikediamannya menyampaikan, PPKM Mikro ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Desanya dengan menerapkan kebijakan-kebijakan terkait Protokol Kesehatan.

“Setiap minggunya Tim Satgas Covid-19 Desa Karangturi rutin melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum yang ada di wilayah desa seperti masjid, sekolah maupun fasilitas umum lainnya,” jelasnya, Sabtu (22/5/2021)

Dia menambahkan, adapun kegiatan Operasi Masker yang telah dilakukan bersama Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Kroya sebanyak 3 kali di wilayah Desa Karangturi.

Selain itu, pembagian masker gratis untuk warga masyarakat dan bantuan logistik yang akan disiapkan untuk warga yang menjalani isolasi mandiri berupa kebutuhan pokok seperti beras, telor, minyak goreng, susu dan lainnya.

“Untuk anggaran bersumber dari Dana Desa (DD) sebanyak 8 persen sesuai arahan Kemendagri dan Desa Karangturi menganggarkan biaya sebesar Rp 97,5 juta untuk kegiatan PPKM Mikro,” kata Sigit.

Terkait warganya yang mudik pada perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, pihaknya telah mendata dan memperoleh hasil sebanyak 80 orang. Selain mendata para pemudik, Satgas juga menanyakan kelengkapan berkas hasil rapid test maupun hasil swab mereka untuk kelengkapan data.

“Kemungkinan jumlahnya akan bertambah mengingat terus adanya mobilitas setiap harinya,” ujar Sigit.

Dia menghimbau kepada warga masyarakat untuk berkomitmen menjaga Protokol kesehatan antara lain, memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, selalu mencuci tangan dan menghindari kerumunan. Hal ini dilakukan untuk mencegah Covid-19.

“Kami mewakili Pemerintah Desa merasa bersyukur atas usaha yang kami laksanakan selama ini sehingga terwujud Desa Karangturi yang aman dari Covid-19 dan masuk dalam wilayah zona hijau,” ucapnya.

Menurutnya, ini semua tak lepas dari kerjasama semua pihak melalui komitmen bersama sehingga PPKM Mikro dapat berjalan dengan baik.

“Semoga wabah ini segera berakhir sehingga kita dapat bersama-sama kembali melakukan aktivitas dengan aman dan nyaman seperti sedia kala,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *