17/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Cegah Penyebaran Covid-19, Aparat Gabungan Pantau Tempat Wisata di Cilacap

CILACAP (BANYUMAS POS) – Mengantisipasi penyebaran covid-19 di tempat wisata, aparat TNI-Polri dan Dinas Instansi terkait di Cilacap terus melakukan pemantauan di sejumlah tempat obyek wisata yang ada di wilayahnya.

Beberapa obyek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap diantaranya Pantai Teluk Penyu Cilacap, Benteng Pendem, Pantai Widarapayung Jetis, Pantai Sodong, Pantai Cemara Sewu Bunton, Pantai Tegalkamulyan, Kemit Forest Educations, Curug Mandala dan sejumlah tempat wisata lainnya.

Pasiops Kodim 0703/Cilacap, Kapten Chb Sutarman mengatakan setelah Idul Fitri, animo masyarakat untuk berkunjung ke tempat wisata cukup tinggi. Hal ini terlihat di sejumlah tempat obyek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi muncul klaster baru penyebaran covid-19, pihaknya memerintahkan seluruh Babinsa untuk melakukan pemantauan di tempat wisata.

“Jajaran TNI bersama Pemerintah dan Polri turut melakukan langkah-langkah antisipatif guna mencegah penyebaran covid-19 di obyek wisata dengan menekankan kepada pengelola wisata dan para pengunjung agar menerapkan Protokol kesehatan,” ungkapnya, Minggu (16/5/2021).

Dia menambahkan, upaya lain yang dilakukan yakni dengan menerapkan rapid antigen massal di seluruh tempat wisata yang ada di Kabupaten Cilacap.

Aparat tak hanya berjaga di tempat wisata, namun juga turut mensosialisasikan dan mengawasi penerapan Protokol kesehatan. Selain itu, pengaturan kapasitas pengunjung juga dibatasi guna menghindari kerumunan massa.

“Apabila kapasitas cukup, pintu masuk ke area wisata harus ditutup agar pengunjung tidak bertambah,” ujarnya.

Sutarman mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu disiplin mematuhi Protokol kesehatan karena keberhasilan penanganan covid-19 butuh dukungan dan kedisiplinan dari seluruh elemen masyarakat. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *