15/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Cegah Kerumunan Massa, Aparat Gabungan Sidareja Pantau Obwis Kemit Forest

CILACAP (BANYUMAS POS) – Upaya pencegahan penyebaran virus corona masih terus digencarkan oleh aparat gabungan TNI-Polri di Kabupaten Cilacap. Salah satunya melakukan pengawasan kepada warga masyarakat yang akan melakukan wisata ataupun perjalanan ke luar wilayah.

Seperti yang dilakukan oleh aparat TNI-Polri Kecamatan Sidareja dengan pengetatan dan pengecekan Protokol kesehatan, mereka memantau warga yang melakukan wisata di Obyek Wisata Kemit Forest Educasion yang berada di Desa Karanggedang Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap, Sabtu (15/5/2021).

Kegiatan dipimpin langsung Kapolsek Sidareja, AKP Suwarno dan diikuti oleh anggota dan Babinsa Koramil 11/Sidareja, Serda Aris Kurohman, anggota Satpol PP Sidareja serta Kepala Desa Karanggedang, Saryo.

Dalam pemantauan, aparat gabungan memastikan bahwa penerapan Protokol kesehatan di Obyek Wisata tersebut sesuai prosedur dengan menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer dan thermogun untuk mengecek kondisi kesehatan para pengunjung.

“Kami akan terus memantau pengunjung dan apabila kami temukan pengunjung tak mematuhi Prokes akan kami tindak,” kata Kapolsek.

Sementara itu, Babinsa Koramil 11/Sidareja, Serda Aris Kurohman mengatakan, prosedur Protokol kesehatan harus diterapkan dengan baik, baik pengelola obyek wisata maupun para pengunjung.

Dia menjelaskan, sebelum masuk di cek secara fisik baik pemakaian masker, pengukuran suhu tubuh dan jaga jarak. Hal tersebut harus dilakukan dengan ketat agar penyebaran virus corona, bisa dihindari.

“Ini yang harus dilakukan oleh keduanya baik pengelola maupun para pengunjung obyek wisata karena di hari libur setelah Idul Fitri banyak pengunjung yang datang sehingga harus mematuhi aturan Prokes ketat agar mengantisipasi penyebaran covid-19,” ungkapnya.

Keberadaan Obyek Wisata yang berada di wilayah binaanya, Serda Aris Kurohman memastikan agar pengelola terus berupaya dan bekerjasama dengan aparat TNI-Polri dalam penerapan Prokes, terutama agar menghindari terjadinya kerumunan massa.

Dia berharap, semua pihak menyadari dan bersama-sama mematuhi aturan pemerintah terkait dengan Prokes Covid-19. Apabila terjadi kerumunan massa, Satgas Covid-19 Kecamatan Sidareja tidak segan-segan melakukan tindakan bahkan hingga proses hukum.

“Jangan sampai ada klaster baru dari obyek wisata, khususnya di wilayah Kecamatan Sidareja ini,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *