22/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Bupati Minta Pengelola Mal di Purwokerto Penuhi Sarana dan Prasarana Prokes

BANYUMAS (BANYUMAS POS) – Pemkab Banyumas mulai menguji coba pembukaan mal di Kota Purwokerto. Kali ini, Bupati Banyumas, Achmad Husein mengecek uji coba pembukaan pusat perbelanjaan Rita Supermall, Purwokerto, Kabupaten Banyumas didampingi Kapolresta Banyumas, Kombes Pol M. Firman Lukmanul Hakim, Sabtu (21/8/2021).

Bupati Banyumas, Achmad Husein meminta pengelola satu-satunya mal di Kota Purwokerto ini menggunakan alat penghitung untuk mengetahui kapasitas pengunjung yang keluar masuk.

Lanjut Bupati, pengelola mal diminta harus memenuhi sarana dan prasarana Protokol kesehatan serta membatasi jumlah pengunjung.

Berdasarkan informasi, kapasitas total pengunjung Rita Supermall sekitar 5.000 orang. Dengan demikian, batasan pengunjung maksimal 30 persen atau 1.500 orang.

“Dari seluruh persyaratan itu sudah terpenuhi, tinggal mengontrol saja setiap harinya. Supaya tidak ada kerumunan dan kapasitasnya terjaga betul. Begitu sudah 1.500 (pengunjung) harus ditutup. Sampai kemudian harus selalu di bawah 1.500,” kata Husein.

“Kalau nanti ternyata kemudian ada masalah, pusat menegur kita, atau kasusnya melonjak lagi ya, kita minta ditutup lagi. Gampang saja,” tegasnya.

Pada uji coba pembukaan tersebut, petugas di pintu masuk menanyai setiap pengunjung yang hendak masuk apakah sudah vaksin, atau belum. “Ya itu, sebaiknya (vaksin),” ujar Husein.

Tidak seperti Mall di Jakarta yang mewajibkan pengunjung menunjukan kartu vaksin, masuk Mall di Purwokerto tidak mewajibkan.

Bupati menjelaskan, rencana pembukaan mal di Purwokerto ini telah dikomunikasikan secara lisan dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Ini izin saja baru lisan, lewat Whatsapp. Yang penting itu, saya hanya memikirkan itu karyawannya 1.600 selama ini dirumahkan. Kan menjerit mereka,” tuturnya.

Menurutnya, masa uji coba tersebut dapat terus berlanjut apabila protokol kesehatan berjalan konsisten serta kondisi pandemi Covid-19 juga semakin membaik.

“Sebaiknya yang sudah vaksin tapi tidak mutlak, sambil melihat perkembangan apabila kondisi bagus ya akan buka terus namun jika kondisi kembali semakin jelek ya ditarik lagi,” tandasnya.

Dari pantauan pada masa uji coba hari pertama, suasana di mal tersebut, tampak lengang. Bupati, Kapolresta Banyumas, dan rombongan Satgas Covid-19 Kabupaten Banyumas mencoba alat pengecek suhu di pintu masuk mal serta memantau tata bangku pengunjung pada sejumlah toko dan restoran.

Sementara di area supermarket, rombongan juga mengecek tempat duduk bagi pengunjung yang antre. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *