24/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Bupati Luncurkan RESOLUSI UMKM Berdaya dan LAYAT AMANAH di Cilacap Utara

Cilacap (Banyumas Pos) – Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji meluncurkan Rumah Kreatif, Promosi, Konsultasi dan Edukasi (RESOLUSI) UMKM Berdaya di Kantor Kecamatan Cilacap Utara, Senin (24/5/2021).

Program tersebut merupakan wadah pemberdayaan untuk memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM di wilayah Kecamatan Cilacap Utara.

Kegiatan dilakukan bersamaan dengan peluncuran program Layanan Cepat Akta Kematian (LAYAT AMANAH) menggunakan aplikasi Sistem Online Akta Kematian (SI TEMON TAMAT).

Camat Cilacap Utara, Sunarti menjelaskan bahwa gagasan program RESOLUSI berawal dari adanya permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM di wilayahnya.

“Yakni belum terbinanya pelaku UMKM dengan baik, kualitas produk yang masih harus ditingkatkan, pengetahuan pelaku UMKM yang perlu dikembangkan serta kendala pemasaran termasuk belum adanya data base UMKM,” imbuhnya.

Beberapa hal yang telah dilaksanakan dalam RESOLUSI antara lain pelatihan packaging dan digital marketing, pelatihan foto produk, fasilitasi perizinan, serta pemanfatan toko online untuk memperluas jaringan pemasaran.

“Karena sekarang zamannya digital, kami punya toko online di Bukalapak dan Tokopedia namanya Lartum, Larisi Tumbasi,” kata Sunarti.

Terkait LAYAT AMANAH, program ini dilatar belakangi rendahnya cakupan akta kematian di Kelurahan Gumilir yang hanya 39,67 %.

Salah satu penyebabnya ialah panjangnya rantai birokrasi. Sehingga program ini menjadi terobosan inovasi pelayanan administarsi kependudukan di Kelurahan Gumilir.

Layanan ini berupaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan aplikasi SI TEMON TAMAT dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cilacap.

SI TEMON TAMAT ini bertujuan membangun sistem online akta kematian di Desa atau Kelurahan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus akta kematian secara cepat dan efisien.

Dalam setiap peristiwa kematian, Desa atau Kelurahan langsung melakukan penginputan data dengan scan dan diupload. Kemudan petugas veriifikator Disdukcapil atau UPT mengirim dokumen melalui email.

Karena hasil dokumen berupa TTE atau tanda tangan elektronik, maka petugas Desa atau kelurahan tidak perlu datang ke Disdukcapil dan hasilnya dapat dikirim melalui email masing-masing untuk dicetak.

“Atau bisa juga tanpa datang ke kelurahan, hanya perlu men-scan dokumen dan dikirimkan ke nomor WA kelurahan, lalu petugas kelurahan mengupload dokumen tersebut ke aplikasi SI TEMON TAMAT,” tambah Sunarti.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengapresiasi peluncuran RESOLUSI serta layanan LAYAT AMANAH yang terintegrasi dengan aplikasi SI TEMON TAMAT tersebut.

Melalui RESOLUSI, diharapkan pelaku UMKM memiliki wadah untuk meningkatkan kompetensi, sekaligus memperluas jaringan pemasaran.

“Saya sudah lama menginginkan bagaimana produk produk ini dipasarkan di lokal saja. Dalam bekerja, cintai pekerjaan anda. Maka hasilnya akan maksimal,” kata Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengukuhkan Forum RESOLUSI UMKM Berdaya periode 2021 – 2024.

Selanjutnya, Bupati bersama Sekretaris Daerah, Farid Ma’ruf, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Dian Setyabudi, Kepala Disdukcapil Cilacap, Annisa Fabriana dan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM, Umar Said, juga menyempatkan diri meninjau bazar UMKM di Kecamatan Cilacap Utara. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *