16/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Bupati Kebumen Serah Terima Kunci Rumah Baru Milik Darmin, Program Bedah Rumah Dari Sedulur Kebumen

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto bersama anggota Komunitas Sedulur Kebumen kembali mendatangi kediaman Darmin (64) Warga Desa Penimbun, Kecamatan Karanggayam, Kebumen, Minggu (15/8/2021) sore.

Kedatangan Bupati bersama anggota Komunitas Sedulur Kebumen untuk menyerahkan kunci rumah baru kepada Darmin. Ia tampak sumringah saat Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto bersama anggota Komunitas Sedulur Kebumen tiba di rumahnya.

Saat Bupati datang sekitar sebulan lalu, rumah Darmin masih dalam kondisi ambruk karena telah lapuk. Kini, rumahnya telah dibedah menjadi layak huni. Ia pun bisa menikmati sisa hidupnya di rumah tersebut tanpa khawatir ambruk atau bocor saat hujan turun.

Tak hanya itu, Darmin pun bisa tidur lelap karena satu kamar tidur rumahnya saat ini dilengkapi dengan spring bed.

Darmin mendapatkan bantuan program bedah rumah tidak layak huni dari Komunitas Sedulur Kebumen. Bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 15 juta dan keramik 20 meter sumbangan pabrik keramik Arwana Tangerang.

“Saya berterima kasih kepada Pak Bupati dan Sedulur Kebumen yang telah membangunkan rumah untuk saya,” ucap Darmin di sela-sela serah terima kunci.

Selain itu, dalam peresmian tersebut, sesepuh Sedulur Kebumen Sugeng, Budiawan juga menyerahkan sejumlah perabotan rumah tangga, antara lain spring bed, meja kursi, kompor gas hingga peralatan rumah tangga.

Di rumah itu, Darmin tinggal seorang diri. Anak-anaknya sudah berumah tangga. Ada yang di luar kota, namun ada juga yang tinggal di Kebumen.

Pria yang sehari-hari bekerja serabutan mengaku tidak bisa memperbaiki rumahnya yang rusak sejak tiga tahun lalu. Hingga akhirnya rumah itu ambruk karena kondisinya sudah lapuk.

Dalam serah terima kunci hadir sejumlah anggota Sedulur Kebumen. Tampak hadir, Ketua PMI Kebumen, Sabar Irianto bersama Sekretaris, Salim Wasdy, Asisten I Sekda, Edi Rianto dan Sekretaris Dinas Sosial PPKB, Kinanto.

Adapun Camat Karanggayam, Drajat Triwibowo dan jajaran Muspika Karanggayam. Tampak Kepala Desa Penimbun, Saijan dan perangkat Desa beserta warga sekitar.

Sesepuh Sedulur Kebumen, Sugeng Budiawan menjelaskan bahwa bedah rumah kali ini merupakan yang ke-30. Desa Penimbun sudah mendapatkan dua kali bantuan bedah rumah dari Sedulur Kebumen.

Sebelumnya Sawon (34) orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) warga Dukuh Krajan, Desa Penimbun, Kecamatan Karanggayam, Kebumen yang tinggal di bekas kandang kambing mendapat bantuan bedah rumah dari Sedulur Kebumen.

“Program bedah rumah dari Sedulur Kebumen akan terus berlanjut untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung,” kata Sugeng Budiawan.

Sugeng manambahkan, melalui program bedah rumah Sedulur Kebumen ingin membantu Pemkab Kebumen maupun warga masyarakat yang tinggal di rumah tidak layak huni.

Pihaknya memprioritaskan kepada warga yang sudah jompo, janda tua, hidup sebatang kara dan tidak bisa mencari uang.

“Bersyukur sekali karena para donatur cukup antusias dalam mendukung program bedah rumah,” ujar bos Muncul Group tersebut.

Sementara, Kepala Desa Penimbun, Saijan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kebumen dan komunitas Sedulur Kebumen atas bantuan bedah rumah untuk warganya yang roboh karena sudah lapuk.

“Bantuan tersebut sangat membantu warga untuk mendapatkan rumah layak huni,” tuturnya. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *