07/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Bupati Kebumen Bertekad Kembangkan Wisata Hutan Mangrove

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto dan pejabat terkait menanam bibit mangrove di muara Kali Ijo Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Sebelumnya, pada Sabtu (5/6/2021), Bupati telah meresmikan program Pembentukan Desa Mandiri Konservasi “YU DARSI” atau Ayuh Sadar Konservasi, dilanjutkan aksi penanaman 100 ribu bibit Mangrove dan pelepasan 50 burung, di Muara Kali Ijo Desa Ayah.

Penanaman dilakukan secara simbolis dan turut dihadiri Sekretaris Daerah, Ahmad Ujang Sugiono, Ketua Tim Penggerak PKK Kebumen, Ny Iin Windarti, Kepala Disperkim LH Edi Rianto, Kepala Dinas Kominfo, Cokro Aminoto beserta jajaran terkait lainnya.

Dalam kesempatannya, Bupati Kebumen menyampaikan, konservasi lingkungan, khususnya di bibir pantai Kebumen dibutuhkan untuk mencegah abrasi dan antisipasi tsunami.

Bupati mengatakan, mangrove dipilih karena relatif lebih murah dan membantu kelestarian lingkungan.

“Menahan abrasi, lingkungan terjaga dan murah. Bayangkan kalau harus menggunakan batu penghalang atau coreder, tentunya harganya cukup mahal dan oksigennya tidak terpenuhi dengan bagus,” ujar Bupati.

Menurutnya, hutan mangrove bisa menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan untuk datang ke Kebumen.

“Artinya mangrove punya nilai fungsi yang luar biasa, bukan hanya berfungsi ketahanan lingkungan, tapi juga bisa mendatangkan pundi-pundi ekonomi melalui objek wisata,” tambahnya.

Bupati bertekad, kedepan, wisata hutan mangrove tersebut perlu untuk dikembangkan.

“Jalan masuknya akan ditambah dengan baik dan fasilitas seperti kano atau kapal bisa dinikmati bersama keluarga, baik untuk sport atau rekreasi. Selanjutnya perlu penataan para pedagang dengan baik,” ungkapnya. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *