19/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Bupati : Efektifkan Tanah Kosong Agar Ditanami Buah dan Sayuran

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Distapang Kabupaten Kebumen efektifkan tanah-tanah tidak produktif menjadi tanah produktif. Hal tersebut diwujudkan dengan menanam sayuran jenis bayam, pokcoy dan buah melon.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengatakan, hal ini bisa dibuat contoh untuk Desa-desa yang ada di Kebumen agar mengefektifkan tanah atau pekarangan yang kosong agar ditanami buah-buahan dan sayuran.

“Apalagi di masa pandemi saat ini, sangat cocok sekali melakukan kegiatan yang positif seperti ini,” ujar Bupati.

Bupati mencontohkan pemanfaatan pekarangan dengan harapan masyarakat bisa mencontoh kegiatan semacam ini agar bermanfaat sehingga dapat mengurangi beban hidup, terlebih hasilnya dapat dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari.

“Saya yakin bahwa pengeluaran di masyarakat bisa dikurangi atau ditekan seminimal mungkin karena hampir setiap hari mungkin cukup dengan memanen sayuran yang ada di sini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari dan inilah salah satu contoh kebun yang harus dimiliki oleh seluruh masyarakat di Kebumen,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dikatakan, dengan slogan “Laku lng Sasmito Amrih Lantip”, artinya kalau kita punya keilmuan harus diasah agar semakin tajam, khususnya di bidang pertanian agar bermanfaat.

Sementara itu, Kepala Distopong Kebumen, Tri Haryono mengatakan, kegiatan semacam ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat kebumen.

“Alhamdulillah akhirnya terwujud dan kami mohon kepada bapak Bupati untuk bisa meresmikan Kebun Kita ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto didampingi Istri dan Wakil Bupati Kebumen serta Sekda Kebumen meresmikan Kebun Kita (lde Teknologi Aquaponik) yang berisi 41 komoditas dan ikan serta melakukan panen perdana di belakang Pendopo.

Selanjutnya, Bupati melakukan paneh buah dan sayuran yang telah panen tersebut dengan memetik buah melon, sayur bayam dan pokcoy. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *