07/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Bupati dan Wakil Bupati Kebumen Lepas Puluhan Bibit Penyu

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto bersama Wakil Bupati, Ristawati Purwaningsih melepas puluhan tukik atau bibit penyu di kawasan Pantai Kali Buntu, Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong, Kebumen yang merupakan wilayah konservasi penyu, Minggu (6/6 2021).

Pelepasan tukik ini merupakan rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup 2021, yang jatuh pada tanggal 5 Juni.

Bupati menaruh perhatian untuk melestarikan wilayah konservasi penyu menjadi kawasan yang mesti dijaga keberlangsungannya untuk keseimbangan alam.

“Kelestarian alam bukan hanya kita yang menikmati, tapi juga anak cucu kita ke depan. Lingkungan alam ini harus kita jaga. Apalagi lingkungan yang masuk wilayah konservasi,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini harus betul-betul dirawat dengan baik, jangan sampai anak cucu tidak bisa lagi melihat keindahan penyu Kebumen.

Pada kesempatan itu, Bupati bersama pejabat terkait melepas 75 tukik atau anak penyu.

Bupati mengatakan, wilayah konservasi ini nanti akan dipadukan dengan konsep stream estate atau lumbung udang dalam pembangunan kawasan industri.

“Bahkan Kali Buntu juga akan menjadi kawasan wisata bahari berkelas internasional,” tambah Bupati.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa di Kali Buntu ini, pada bulan Juni ini akan diubah namanya menjadi Kali Ratu. Artinya Pemkab ber komitmen menjadikan nama sungai ibarat ratu.

“Ratu adalah mahkota yang harus dijaga. Sebagai langkah konkrit dengan mengubah Kali Buntu menjadi Wisata Bahari yang lebih bagus dari Ancol,” pungkasnya. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *