19/12/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Bupati Cilacap Minta Kades PAW Kerjasama Mbangun Desa

CILACAP (BANYUMAS POS) – Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji meminta kepada ketiga Kepala Desa (Kades) Pengganti Antar Waktu (PAW) terlantik agar bekerjasama dalam membangun Desa kedepan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Ini sisa tugas masa jabatan Kepala Desa baru. Saya ingin program dari Kepala Desa yang lama, apa yang telah dikerjakan, apa yang sedang dikerjakan dan apa yang akan dikerjakan harus mempunyai konsep yang baik,” ujar Tatto usai pelantikan Kepala Desa PAW, Kamis (16/12/2021).

Bupati menambahkan, selain itu, Kepala Desa juga harus memiliki visi misi yang baik, tujuan yang jelas serta memiliki inovasi untuk membangun Desanya agar lebih maju berkembang.

“Acuan pertama mbangun desa adalah pendidikan, artinya Kades mau belajar dan terus belajar, karena tanpa belajar ‘nonsese’ untuk membangun desanya. Yang kedua harus sehat, Kades punya konsep bagus tapi tidak sehat, tidak akan terlaksana. Maka dua hal ini perlu diperhatikan yakni belajar dan sehat,” kata Tatto.

Yang penting lagi, lanjut Tatto, di masa pandemi covid-19 saat ini, Kepala Desa harus bisa beradaptasi. Menurutnya, kekuatan ekonomi masyarakat itu kekuatannya ada di Desa, oleh karena itu, bangunlah Desanya dengan sungguh-sungguh.

“Perhatian pemerintah kepada Desa saat ini sangatlah luar biasa. Pak Jokowi mbangun dari pinggiran dan Cilacap mbangun Desa, ini dalam rangka upaya untuk memajukan Desa,” tandasnya.

Oleh karenanya, Bupati menekankan kepada Kades, khususnya ketiga Kades terlantik agar mendukung dan melaksanakan program-program dari pemerintah.

“Bila ada hal-hal yang kurang dimengerti oleh Kepala Desa dan adanya kesulitan maupun kesusahan, saya siapkan pejabat untuk turun tangan ke Desa. Bukan hanya berpangku tangan di meja, namun pejabat terkait harus turun tangan ke Desa,” pungkasnya.

Diketahui ketiga Kepala Desa Antar Waktu masa jabatan tahun 2019–2025 tersebut yakni Sutarto, Kepala Desa Bulaksari, Kecamatan Bantarsari, Purwati, Kepala Desa Karangnangka, Kecamatan Binangun dan Muntohir, Kepala Desa Kertajaya, Kecamatan Gandrungmangu. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *