26/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Bupati Cilacap Akan Lakukan Lockdown RT Zona Merah

CILACAP (BANYUMAS POS) – Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji menegaskan akan me-lockdown RT-RT yang kena zona merah.

Hal tersebut dikatakannya dalam press releasenya saat meninjau langsung pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Massal yang digelar di Wisma Darussalam Cilacap, Jalan Jenderal Sudirman No. 49 Cilacap, Sabtu (26/6/2021).

“Saya tegaskan untuk lockdown. Sekali lagi, untuk lockdown terhadap RT-RT yang kena zona merah,” kata Tatto.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa apa yang menjadi agendanya ini bisa berjalan apabila semua pihak bekerja sama, saling bahu-membahu, dan bersinergi dalam penanganan covid-19 di wilayah Kabupaten Cilacap.

“Kegiatan bisa berjalan karena adanya kerja sama antar instansi, TNI, Polri, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, Linmas, biar tidak mambrah-mambrah, tidak menjadi banyak,” tandasnya.

Bupati menjelaskan, vaksinasi ini akan terus continue dan terus dijalankan, dan akan ditarget sampai akhir tahun ini sudah bisa mencapai 1.000.100 orang yang tervaksin.

Sementara itu, Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi mengatakan, PPKM di wilayah Kabupaten Cilacap sudah berjalan berkat sinergitas TNI-Polri dan Satpol PP, juga Linmas di tingkat Kecamatan hingga RT.

“Isolasi skala mikro yang dilakukan dalam PPKM di seluruh wilayah juga merupakan hasil evaluasi bupati terhadap Satgas Covid-19,” ujarnya.

Di semua wilayah telah dilaksanakan isolasi skala mikro di tingkat Desa maupun Kecamatan.

Apabila kesadaran masyarakat untuk disiplin dan masih mengabaikan isolasi mandiri ini, maka akan dilaksanakan karantina di tingkat Desa maupun Kecamatan dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada.

Kapolres menjelaskan, kegiatan ini juga dibantu dari rekan-rekan pemda, warga masyarakat sekitar maupun uluran tangan orang yang membantu, dan kita akan menjaga supaya tidak menyebar ke mana-mana bagi rekan-rekan yang terkena Covid-19.

Terkait instruksi bupati, Kapolres mengimbau masyarakat tidak melaksanakan aktivitas di atas pukul 21.00 WIB. Demikian pula pada tempat-tempat perbelanjaan, cafe maupun tempat hiburan lainnya.

“Tidak ada aktivitas kembali, masyarakat akan diam di rumah supaya mengurangi mobilitas,” tegas Kapolres.

Kapolres kembali mengatakan bahwa untuk kegiatan hajatan dibatasi 30 orang saja, mengingat hasil evaluasi kemarin banyak sekali klaster hajatan yang muncul di Cilacap.

Terkait kegiatan vaksinasi hari ini, Kapolres menghimbau warga untuk tetap disiplin Protokol kesehatan.

“Vaksinasi ini akan terus dilakukan sesuai target yang ditentukan, yaitu satu juta seratus orang,” ungkap AKBP Leganek Mawardi.

Dari pantauan, kegiatan Serbuan Vaksinasi Massal Terpadu TNI dan Polri yang digelar ini merupakan upaya Pemkab Cilacap dalam percepatan penanganan Covid-19.

Kegiatan tersebut dihadiri, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi, Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman, Sekda Cilacap, Farid Ma’ruf, Ketua DPRD Cilacap, Taufik Nurhidayat, Danlanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo dan Dandim 0703 Cilacap Letkol lnf Andi Afandi.

Tampak hadir, Kepala Diskominfo Cilacap, M Wijaya, Kepala Satpol PP Cilacap, Yuliaman Sutrisno, Kepala Dishub Cilacap, Tulus Wibowo, Kepala BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy Widjayanto, Kepala Dinkes Cilacap, dr Pramesti Griana Dewi, Kabag PKSE KKP Kelas ll Cilacap, Much Setio Budi serta Kabag UKLW KKP Kelas ll Cilacap, Pargimin.

Usai meninjau kegiatan vaksinasi di Wisma Daarussalaam, Bupati Cilacap beserta rombongan meninjau pelaksanaan vaksinasi di GOR Tennis Indoor di Jalan Dr Soetomo, Cilacap. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *