08/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Bupati Bersama Sedulur Kebumen Tinjau Warga Pemilik Gubug di Tengah Area Pemakaman

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Saliman (66) sudah bertahun-tahun tinggal sendiri di sebuah gubuk di tengah area pemakaman umum di lahan kuburan Desa Kebulusan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen.

Ia terpaksa tinggal di gubuk tidak layak huni tersebut karena tidak memiliki rumah untuk tempat tinggal. Maka tidak ada pilihan lain, ia pun nekat mendirikan gubuk bambu di area pemakaman Sibango untuk dihuninya seorang diri.

Namun, Nasib Saliman si pemilik gubuk tersebut akhirnya mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH bersama Sedulur Kebumen meninjau gubuk milik Saliman, Selasa (8/6/2021) petang.

Gubuk berukuran 1×2 meter yang berdiri di antara batu nisan itu lebih mirip kandang kambing. Karena tidak dilengkapi listrik dan ada malam hari, Saliman lebih sering gelap-gelapan.

Sedangkan untuk mandi cuci makus (MCK), Saliman harus menumpang di perkampungan terdekat.

“Ya, bagaimana lagi. Sudah tidak ada tempat lagi untuk tinggal,” ujar Saliman.

Sebelumnya, Saliman merantau ke Lampung. Namun karena suatu hal, ia akhirnya pulang ke kampung halamannya. Karena tidak diperbolehkan tinggal di tanah warisan orang tuanya, maka Saliman pun memilih membuat gubuk bambu di area pemakaman.

“Ya, kalau saya dibuatkan rumah. Saya sangat bersyukur sekali,” kata Saliman.

Sesepuh Sedulur Kebumen, Sugeng Budiawan mengaku prihatin dengan kondisi Saliman yang tinggal di gubuk yang tidak layak huni. Apalagi yang bersangkutan tinggal di tengah area kuburan yang jauh dari perkampungan. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *