25/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Bupati Banjarnegara Launching Vaksinasi Ibu Hamil

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, Rabu (25/8/2021) melaunching vaksinasi untuk ibu hamil (bumil) di RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara.

Kegiatan ini untuk memberikan perlindungan dari virus Covid-19. Disamping itu, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-81 RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara, pada bulan Agustus ini.

Pemberian vaksin Covid-19 ini diupayakan oleh Pemkab Banjarnegara melalui Dinas Kesehatan yang didukung RSUD, RS swasta, PMI, BPBD, serta berapa organisasi kewanitaan di Banjarnegara.

Secara simbolis, vaksin diberikan kepada 5 bumil antara lain, Novalia Ermawati dan Latifah warga Kelurahan Wangon, Tri Wahyuni Rahayu dan Dewi Senja Pangesti warga Kelurahan Kutabanjarnegara serta Nurhijrah warga Sigaluh.

Bupati saat berdialog dengan para ibu hamil berharap agar bumil bisa menyebarluaskan pentingnya vaksinasi untuk melindungi diri dari Virus Corona.

Bupati juga meminta, agar cakupan imunisasi semakin tinggi sehingga penularan Covid-19 di kabupaten Banjarnegara bisa dicegah.

“Mohon edukasi dan dukungannya untuk kegiatan vaksinasi, tidak hanya untuk ibu hamil. Kecakupan vaksinasi untuk lansia di kabupaten kita juga masih sangat rendah. Kami berharap bapak ibu bisa membantu mengedukasi para lansia agar mau untuk dilakukan vaksinasi,” pintanya.

“Selamat kepada RSUD Hj. Anna Lasmanah yang sedang merayakan ulang tahun ke-81. Semoga RSUD Hj. Anna Lasmanah semakin bagus dan semakin mantap melayani,” kata Bupati.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, dr Latifa Hesti Purwaningtyas menyampaikan, tujuan vaksinasi pada ibu hamil adalah sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dan memberikan kekebalan kepada ibu hamil serta bayinya.

Disamping itu, untuk mengurangi gejala yang berat jika suatu saat tertular Covid-19. Jadi bisa melindungi janin dari kejadian lahir prematur, atau berat badan lahir rendah.

“Kita tahu bahwa pandemi belum berakhir. Maka salah satu upaya kita adalah melaksanakan protokol kesehatan dengan 5M dan melaksanakan vaksinasi,” kata Hesti.

Lanjut Hesti, untuk vaksinasi sudah dilakukan dari bulan Januari sampai sekarang masih dipercepat. “Hari ini kita laksanakan launching di RSUD,” imbuhnya.

Disampikan juga, bahwa kegiatan ini sudah dilakukan mulai awal bulan ini di beberapa Puskesmas dan Rumah Sakit. Pihaknya mengharapkan kegiatan untuk vaksinasi ibu hamil di kabupaten Banjarnegara bisa berjalan dengan baik.

“Diharapkan dengan adanya vaksinasi kita ibu hamil tidak tertular Covid-19. Kita tau sejak pandemi bulan Maret tahun 2020 sudah ada 53 angka kematian ibu hamil sampai sekarang dan 30 diantaranya adalah karena Covid-19. Oleh karena itu kegiatan hari ini sangatlah penting,” ujarnya.

Direktur RSUD Hj Anna lasmanah Banjarnegara dr Erna Astuti menambahkan, vaksinasi hari ini untuk bumil berasal dari beberapa pasien juga Puskesmas yang dikirim ke RSUD.

“Pada saatnya nanti kami harap bapak bupati bisa menyerahkan sertifikat vaksinasi secara simbolis kepada ibu hamil kita yang sudah divaksin,” pungkasnya. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *