24/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Bumdes Lohjinawi MOU Dengan CV. Bunga Palem, Kerjasama Penanaman Kelapa Genjah

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Pemdes Desa Tunjungmuli selalu mencari terobosan utuk meningkatkan perekonomian untuk warganya. Setelah MOU dengan Pertasof, BRI, Pamsimas dan Pasar Runjang, hari ini Kamis (23/9) kembali MOU dengan CV. Bunga Palem Purbalingga kerjasama penanaman kelapa genjah jenis etog.

Acara ditandai dengan penyerahan serah terima naskah kesepakatan kerjasama yang disaksikan Forkompincam Karangmoncol, Pemdes Tunjungmuli serta pemuda ormas antara lain Banser, Kokam, PP, Karang Taruna dan Tokoh Masyarakat.

Owner CV. Bunga Palem, H. Gunarto menyampaikan bahwa kerjasama penanaman kelapa genjah jenis etog ini tiada lain agar lebih cepat meningkatkan ekonomi masyarakat, karena dari mulai ditanam sampai berbuah itu selama tiga tahun.

“Untuk perawatan yang maksimal, akan kami dampingi dengan gratis. Ini semua agar supaya bisa tumbuh subur hingga cepat berbuah dan kami pupuk dengan pupuk organik. Disamping untuk mengembangbiakan kesuburan tanah secara alami, juga hasil panennya tetap baik karena tidak mengandung bahan kimia,” katanya.

Lanjut Gunarto, kelapa ini bisa dijual kelapa muda buat minuman segar, bisa juga disadap untuk menghasilkan gula, baik gula kristal maupun gula semut, bisa dicetak dan cair. Gulanya juga higenis tanpa bahan kimia jadi baik untuk kesehatan walaupun di konsumsi oleh penderita diabetes.

“Kelapa genjah entok jenis unggul ini bibitnya kami datangkan dari balai besar pembibitan di Sulawesi Utara, maka sudah tidak diragukan lagi keunggulannya. Kelapa jenis entok ini juga bisa membantu petani karena pohonnya tidak terlalu tinggi dan jika disadap, bisa mengurangi resiko kecelakaan jatuh dari pohon kelapa. Buahnya pun sangat lebat, air kelapa mudanya sangat segar pokoknya unggul dari segala-galanya,” ungkapnya.

Camat Karangmoncol, Juli Atmadi alam saat wawancarai mengatakan, dengan adanya kerjasama CV. Bunga Palem bersama Bumdes Lohjinawi Desa Tunjungmuli untuk penanaman klapa genjah etok ini nantinya bisa meningkatkan perekonomian warga di Desa Tunjungmuli.

“Selain itu, juga bisa menambah kas Desa. Kebetulan di tanamam di tanak milik Desa, jadi ada dua keuntungan yaitu hasilnya untuk Desa dan warga masyarakat,” tandasnya.

Juli berharap, dengan adanya kerjasama ini, bisa meningkatkan perekonomian Desa Tunjungmuli ini sehingga warga masyarakat dalam mencari ekonomi tidak perlu jauh-jauh keluar kota, tapi kita bangkitkan lapangan kerja di Desa masing-masing.

“Saya berpesan kepada Bumdes Tunjungmuli yang nantinya mengelola ini agar benar-benar dijalankan dengan manajemen yang baik hingga hasilnya juga akan baik pula,” pesan Camat.

Sementara, Kepala Desa Tunjungmuli, Joko Pranoto menyampaikan ucapan terima kasih kepada CV. Bunga Palem yang sudah mau diajak kerjasama dengan Bumdes Lohjinawi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Owner CV. Bunga Palem bapak H. Gunarto yang sudah menyerahkan naskah kesepakatan kerjasama penanaman klapa genjah jenis entok ini,” ucapnya.

Ia berharap dengan adanya kerjasama ini, bisa meningkatkan ekonomi warga masyarakat Desa Tunjungmuli. “Insyaallah lokasi penanaman kelapa genjah etok ini kedepannya akan kami jadikan taman wisata buah untuk wisata edukasi siswa sekolah agar mengenal buah-buahan yang ada di obyek wisata,” tuturnya.

Lebih lanjut, nantinya siswa bisa mengenal alam dan bagaimana menjaga tanah tetap subur agar menghasilkan tanaman yang subur dengan hasil panen yang melimpah. (Mar/Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *