29/11/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

BPD Tunjungmuli Gelar Rapat Internal Bahas Berbagai Hal Untuk Kemajuan Desa

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga kembali menggelar musyawarah internal.

Acara dimulai sambutan terlebih dahulu oleh Sekretaris, lalu dilanjutkan tausiyah oleh Wakil Ketua BPD, Jalaludin selaku tuan rumah.

M. Iqbal, salah satu anggota BPD Desa Tunjungmuli mengatakan, musyawarah ini dilakukan untuk membahas berbagai program serta membahas berbagai persoalan yang ada di Desa.

“Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi yang dapat memupuk kebersamaan antar pengurus BPD serta sebagai wujud kepedulian dalam memajukan Desa,” imbuhhnya, Minggu (28/11).

Iqbal menjelaskan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan tiga bulan sekali dengan kehadiran pengurus keseluruhan berjumlah 9 orang.

“Pertemuan biasanya diadakan tiga bulan sekali, namun untuk kali ini agak terlambat yaitu lebih dari 3 bulan dikarenakan banyak anggota BPD yang berhalangan hadir karena berbagai kepentingan,” katanya.

Sekretaris BPD Tunjungmuli, Fahrudin menambahkan, dalam pertemuan kali ini tiga anggota tidak hadir, namun tidak mengurangi semangat teman-teman untuk tetap melaksanakan musyawarah.

Wakil Ketua BPD, Jalaludin dalam kesempatannya menyampaikan ucapan syukur karena dapat kembali mengadakan pertemuan rutin. “Bagi anggota BPD yang dapat hadir tentu kami ucapkan terima kasih, sedangkan yang belum dapat hadir kita maklumi karena ada halangan atau kepentingan tertentu,” ucapnya.

Lanjut Jalaludin, pertemuan seperti ini sebagai ajang bersilaturahmi yang merupakan bagian dari ibadah. “Kita juga perlu secara terus menerus meningkatkan ibadah kita dalam hal apapun untuk melaksanakan perintah Allah serta menjauhi larangannya,” imbuhnya.

Sementara, Ketua BPD, Zaenal menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua anggota BPD dan bersyukur bisa melaksanakan pertemuan rutin. “Tentu ini merupakan bentuk kepedulian kita sebagai BPD untuk memajukan Desa. BPD sebagai mitra kerja pemerintah desa harus tahu program Desa sehingga kita dapat memajukan berbagai hal yang sudah diprogramkan,” ujarnya.

Disampaikannya bahwa Desa Tunjungmuli mempunyai banyak aset antara lain Pasar, terminal, pertashop, perkebunan kelapa, tanah kas Desa, Pamsimas. itu semua merupakan usaha yang dikelola Bumdes dan jika dikelola dengan baik, tentu akan menghasilkan pendapatan Desa dan dapat dipergunakan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa Tunjungmuli.

“Kami berharap BPD Tunjungmuli selalu peduli dengan program Desa sehingga tercapai tujuan dengan baik,” harapnya.

Di sela-sela musyawarah, Jalaludin selaku Sekretaris mengusulkan tentang perlunya BPD memberikan masukan agar Bumdes dapat ditingkatkan untuk dikelola lebih baik.

Selain itu, salah satu anggota, M. Iqbal juga berharap agar Bumdes selalu meningkatkan transparansi dalam hal pendapatan agar lebih jelas dalam usaha, baik adanya potensi untung ataupun rugi serta tahu arah anggaran pendapatan berapa tiap bulan, tiap tahun serta penggunaannya untuk apa saja.

“Dan jika usahanya rugi, BPD juga perlu tahu apa penyebab kerugiannya sehingga secara bersama-sama, baik pihak pemerintah desa beserta BPD bahkan mungkin masyarakat dapat mencari solusinya,” tuturnya.

Selain itu, orientasi dalam pelayanan publik jangan hanya semata-mata provit motif atau hanya keuntungan semata, tapi juga service motif. Artinya motivasinya untuk melayani masyarakat agar tidak jadi beban ekonomi masyarakat, jadi arahnya untuk kesejahteraan masyarakat hal ini sangat perlu dipikirkan.

Anggota lainnya, Mustafid berharap Ketua BPD dapat memberikan masukan positif kepada pihak Desa agar semakin baik dalam menjalankan programnya. Sedangkan Munjiah mengusulkan kepada ketua BPD agar pihak Desa lebih meningkatkan kepedulian dalam hal mengatasi kenakalan remaja.

“Serta perlu adanya penanganan dan Antisipasi dari bahaya Narkoba dan Antisipasi kenakalan- kenakalan lainnya. Kita peduli karena ini tanggung jawab kita bersama dan untuk kebaikan semua pihak,” ujarnya.

Dari berbagai masukan ataupun usulan, Ketua BPD mengatakan akan menyampaikan hal ini keberbagai pihak, khususnya Pemerintah Desa Tunjungmuli. Menurutnya hal ini demi untuk kemajuan ataupun untuk kebaikan bersama. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *