26/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

BNPB RI Gelar Simulasi Evakuasi Mandiri di Desa Bunton

CILACAP (BANYUMAS POS) – Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2021 di wilayah Kabupaten Cilacap, BNPB RI menggelar Simulasi Evakuasi Mandiri di Balai Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Senin (26/4/2021).

Latihan evakuasi mandiri ini diawali dengan pemukulan kentongan, lonceng, alarm dan sirine sebagai penanda dimulainya simulasi. Selanjutnya masyarakat bergerak menuju tempat evakuasi yang aman dan mudah dijangkau oleh masyarakat dalam waktu singkat.

Kegiatan dihadiri, Direktur Kesiapsiagaan BNPB RI, Eni Supartini beserta staf, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, Danlanal, Letkol laut (PM) Sugeng Subagyo, Kasdim 0703/Cilacap, Mayor Inf Abdul Asis Lallo, Kapolres Cilacap diwakilkan Kasat Sabhara Polres Cilacap, AKP Tusiran, Ketua DPRD Taufik Nur Hidayat.

Selain itu, tampak hadir, Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Kepala Pelaksana BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy Wijayanto, Kepala Satpol PP Cilacap, Yuliaman, Camat Adipala, Teguh Prastowo, Kepala Desa Bunton, Sudin dan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala BNPB RI, Letjen TNI Doni Monardo disampaikan Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, Pencegahan dan Mitigasi harus menjadi ruh Kesiapsiagaan Bencana, yang
diperingati setiap tanggal 26 April yang mengubah paradigma penanggulangan bencana dari responsif menjadi preventif.

Kepala BNPB RI juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada
para Kepala Daerah dan jajarannya atas kesungguhannya dalam mendukung Hari Kesiapsiagaan Bencana dengan mengajak masyarakat meningkatkan kapasitas dalam menghadapi bencana.

BNPB telah membagi ancaman bencana ke dalam empat kluster yaitu Kluster bencana geologi dan vulkanologi, hidrometeorologi kering, hidrometeorologi basah dan Kluster bencana non-alam. Oleh karenanya, upaya pencegahan, mitigasi, dan kesiapsiagaan harus terus menerus dilaksanakan.

“Simulasi evakuasi ini sangat penting dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Mitigasi adalah harga mati,” ungkap Kepala BNPB RI.

Melalui latihan evakuasi mandiri, diharapkan masyarakat semakin tangguh, tanggon dan trengginas menghadapi bencana. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *