02/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

BNNK Cilacap Gandeng Kodim Gelar Sosialasi Bahaya Narkoba dan Wasbang 

CILACAP (BANYUMAS POS) – Wujudkan generasi muda terbebas dari Narkoba dan mempunyai Wawasan Kebangsaan, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Cilacap gandeng Aparat TNI Kodim 0703/Cilacap gelar Wasbang dan Sosialisasi bahaya Narkoba di RM Aroma, Jalan Letjen Suprapto No.1 Cilacap, Kamis (3/9/2021).

Tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengajak generasi muda agar menjauhi Narkoba, sehingga menjadi generasi yang dapat dibanggakan masyarakat dan bangsanya.

Dalam hal ini, Kodim 0703/Cilacap melalui Pasi Intel Lettu Inf Jurizal, memberikan beberapa materi baik tentang Bahaya Narkoba maupun Wawasan Kebangsaan Indonesia kepada para pemuda-pemudi Kota Cilacap.

Pemberian materi tentang bahaya Narkoba dan Wasbang tersebut dimaksudkan untuk mengajak generasi muda agar tidak terjerumus ke dalam Narkoba.

Selain itu, menumbuhkan rasa cinta tanah air dan memberi pengetahuan tentang empat pilar bangsa Indonesia yaitu Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI Harga Mati.

Dikatakan Pasi Intel, Lettu Inf Jurizal, di era globalisasi saat ini, banyak generasi muda yang terjerumus kedalam Narkoba, dan hal tersebut banyak dialami baik di kalangan pelajar, bahkan kalangan selebritis dan pejabat. Hal tersebut diakibatkan karena salah pergaulan dan juga pengaruh oleh budaya dari negara lain.

“Adik-adik jangan tergiur dengan yang namanya Narkoba. Jangan sekali-kali kalian mencoba Narkoba. Karena sekali mencoba, kalian akan terjerumus dan susah untuk keluarnya,” ucapnya.

Lanjut Jurizal, apabila mungkin ada di lingkungan, sampaikan bahwa itu tidak baik, ajak mereka untuk melakukan hal-hal yang positif lainnya.

Selain bahaya Narkoba, dalam kesempatan itu juga disampaikan mengenai sejarah perjuangan bangsa Indonesia, mulai dari perang kemerdekaan, proklamasi, perumusan dan pengesahan Pancasila, pengesahan UUD 1945 menjadi Undang-undang dasar bangsa Indonesia, penjelasan tentang Bhineka Tunggal Ika dan NKRI Harga Mati.

Menurut Jurizal, di era seperti sekarang ini, banyak generasi muda yang tidak mengetahui mengenai sejarah berdirinya bangsa.

“Banyak generasi muda yang tidak mengenal para pahlawannya yang telah berjuang memerdekakan bangsa Indonesia. Hal inilah yang menjadi dasar kita memberikan materi Wasbang kepada kalian,” ujarya.

Dia menjelaskan, Wawasan kebangsaan Indonesia adalah cara pandang tentang diri kita, lingkungan (orang-orang, suku, agama, ras kebudayaan, kelompok, golongan, dan lainnya) dari Sabang sampai Merauke sebagai satu kesatuan atau sebagai sebuah keluarga besar yang disebut Indonesia.

Namun setelah merdeka, sekarang banyak para pejabat yang korupsi, terjadinya kebakaran hutan, ilegal logging, dan si miskin melayani yang kaya, turunnya nilai patriotisme, kenakalan remaja, Narkoba, bentrokan antar mahasiswa atau pelajar, seks bebas, dan terorisme.

“Kita yang sudah dalam suasana kemerdekaan seperti sekarang ini, sebagai generasi muda, kalian harus isi kemerdekaan ini dengan hal hal yang positif, hindari Narkoba, fokus belajar dan menjadi generasi yang cerdas, mempunyai wawasan kebangsaan dan dapat menjadi kebanggaan orang tua, lingkungan dan bangsa,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diwarnai sesi tanya jawab sehingga suasana penyampaian materi terjalin secara humanis dan kekeluargaan.

Lettu Inf Jurizal juga memotivasi para pemuda dan pemudi yang ingin mendaftarkan diri menjadi anggota TNI maupun Polisi, agar dapat menjaga diri, mempersiapkan dengan baik, baik kesehatan, fisiknya maupun akademik lainnya.

Selain pemberian materi wawasan kebangsaan, dalam kegiatan tersebut juga disampaikan materi tentang Keluarga oleh Endah Setiarini dari Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap.

Hadir dalam kegiatan tersebut, PLT Sub koordinator P2M, Raras Amboro Retno dan sejumlah pegawai BNN Kabupaten Cilacap. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *