25/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Bencana Alam Banjir Dan Tanah Longsor Di Kecamatan Karangmoncol, Bupati Purbalingga Turun Tangan 

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Kecamatan Karangmoncol dalam sepekan ini di guyur hujan lebat yang mengakibatkan beberapa Desa di Kecamatan Karangmoncol terjadi tanah longsor di Desa Sirau, banjir Bandang di Desa Tunjungmuli, Jembatan merah putus dan jembata yang menghubungkan Desa Grantung dan Desa Pekiringan Putus.

Maka dari itu bencana yang begitu banyak ini jadi perhatian yang sangat serius dari semua pihak terkait, untuk menanggulangi bencana tersebut maka pada hari Senin 25/10/2021 Bupati Purbalingga beserta rombongan melihat langsung ke TKP di awali dari Desa Sirau.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menuturkan kepada awak media di TKP bahwa tanah longsor tersebut menutup akses jalan Lintas Kecamatan Karang Jambu ke Karangmoncol di Desa Sirau.

Ia mengintruksikan kepada Dinas PU Purbalingga dan Dinas terkait lainnya untuk secepatnya jalan yang tertutup material longsoran tersebut agar segera diperbaiki lagi.

“Paling lama satu minggu setelah kunjungan harus sudah selesai, karena ini jalan vital untuk masyarakat Desa Sirau. Mengenai batu yang menutup akses jalan silahkan mau bagaimana tekhnisnya, yang penting batu besar ini bisa tersingkirkan,” katanya.

Menurut Bupati, banjir yang terjadi di Desa Tunjungmuli ini baru pertama kali banjir sebesar ini hingga naik ke Pasar runjang dan menghanyutkan tiga kios pedagang.

“Insyallah dalam waktu dekat akan langsung di garap untuk pengamanan pasar tersebut dan ada beberapa rumah warga yang mengkhawatirkan tergerus air ini juga menjadi perhatian kami,” ucapnya.

Dia mengimbau kepada semua warga masyarakat yang ada di zona merah rawan longsor agar waspada dan berhati-hati karena musibah bisa datang dengan tiba-tiba. “Maka jika terjadi hujan berintensitas tinggi, segera menuju ke tempat yang lebih aman,” ujarnya.

Kades Tunjungmuli muli Joko Pranoto mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Bupati dan jajarannya yang sudah meluangkan waktunya meninjau langsung ke TKP banjir di pasar runjang dan langsung mengintruksikan untuk memperbaiki bantaran sungai yang rusak di terjang banjir kemarin sore.

“Kami juga akan menelusuri banjir tersebut yang tidak pernah terjadi dikali muli ini, baru kali ini banjir sebesar ini sampai naik ke Pasar runjang dan menghanyutkan tiga kios pendagang,” pungkasnya. (Mar/Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *