07/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Bakesbangpol Cilacap Gelar Pembinaan Ormas

CILACAP (BANYUMAS POS) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cilacap menggelar pembinaan organisasi kemasyarakatan (Ormas) dengan memberikan edukasi dan wawasan kepada Ormas yang ada di wilayahnya.

Acara yang berlangsung di aula Akbid Cilacap ini diikuti puluhan Ormas di Kabupaten Cilacap antara lain, Pemuda Pancasila, GMBI, RAPI, GNPK-RI dan lainnya yang telah resmi terdaftar di Bakesbangpol Cilacap.

Kepala Badan Kesbangpol Cilacap, Sadmoko Danardono mengatakan pembinaan dilakukan untuk mewaspadai terhadap penggalangan dana terorisme dan mencegah paham radikalisme.

Selain itu, agar Ormas di Cilacap ikut berperan aktif dengan seluruh stakeholder bersama-sama bertanggungjawab membangun rasa aman dengan membantu pemerintah dalam rangka menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

“Ormas yang terdaftar dan tercatat di Badan Kesbangpol telah berkomitmen bersama menyatakan NKRI dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap,” tandasnya.

Sadmoko menambahkan, pihaknya memberikan edukasi, wawasan dan pandangan terhadap ormas agar mereka ikut bertanggungjawab mempertahankan dan menjaga Pancasila sebagai ideologi negara.

Dengan terungkapnya kasus penggalangan dana terorisme melalui kotak amal yang berada di wilayah luar Cilacap, Kesbangpol menghimbau dan mewaspadai terhadap kotak amal yang tidak jelas dan tidak kredibel.

“Kami menghimbau sebagai unsur pemerintah, apabila ada warga yang ingin mengeluarkan sedekah, zakat, infaq, tidak perlu dikirim ke luar negeri, serahkan saja ke Badan Amil Zakat Nasioanal (BAZNAS),” kata Sadmoko.

Menurutnya, keberadaan ormas di lingkungan masyarakat memiliki fungsi membantu pemerintah membangun kewaspadaan dini di masyarakat, dan memiliki tanggungjawab bersama sesuai dengan komitmen sebagai ormas berideologi Pancasila dan anti paham radikalisme.

“Jika di lingkungan sekiranya ada hal mengganggu keamanan dan ketentraman masyarakat dari semua aspek, jangan main hakim sendiri, hubungi aparat setempat dan segera melapor, nanti akan dideteksi secara dini,” ucap Sadmoko.

Sadmoko menegaskan bahwa Ormas yang terdaftar dan tercatat di Kesbangpol Cilacap semuanya harus NKRI, Selasa (6/4/2021).

“Tidak ada ormas yang keluar dari kontek NKRI, dan harus dipertahankan serta dijaga bersama-sama, jangan sampai ada pemikiran nyeleneh di luar ideologi Pancasila yang bisa merasuki dan meracuni warga Cilacap,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *