22/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Babinsa Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Longsoran Tanah di Rumah Warga

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Bersama warga Babinsa Koramil 11/Punggelan, Serma Trisno, Serka Mulyono dan Serda Sarjiman menggelar kerja bakti pembersihan material longsor di jalan penghubung antar kadus tepatnya di Dusun Sidakarya RT 02 RW 03 Desa Mlaya, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara.

Hujan yang deras sejak siang hari hingga sore mengakibatkan tebing setinggi 4 meter meter longsor menimpa gudang palawija milik warga bernama Sirin (32) seorang petani. Dan atas kejadian tersebut, mengakibatkan satu anak laki-laki bernama Gilang Angga Saputra (3) meninggal dunia akibat tertimpa longsoran tanah bahu jalan.

Mendapat laporan dari warga Desa binaan, Jarwadi sebagai Kepala Dusun kemudian memberitahukan kepada Babinsa Desa Mlaya. Babinsa langsung koordinasi dengan Kepala Desa untuk langkah selanjutnya melaksanakan kerja bakti pembersihan material longsor.

Keesokan harinya, Babinsa bersama warga dan perangkat Desa bahu membahu melaksanakan kegiatan kerja bakti pada Jumat (22/10) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Serma Trisno mengatakan, TNI selalu turut serta membantu warga yang melaksanakan pembersihan tanah merupakan dan merupakan tugas dalam rangka membantu kesulitan warga yang menjadi wilayah tugasnya.

“Selain itu, untuk mengetahui perkembangan atau kondisi terakhir pembersihan material longsor di gudang palawija milik Bapak Sirin. Kami mengimbau kepada pemilik tanah dan warga yang membantu kerja bakti untuk mewaspadai terhadap longsoran susulan karena curah hujan yang masih tinggi,” ucap Babinsa.

Dalam kerja bakti pembersihan tanah tersebut melibatkan masyarakat sebanyak 20 orang dibantu anggota dari Koramil 11/Punggelan sebanyak 3 orang.

Sementara, Kepala Desa Mlaya, Wiwik Susanti mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur yang membantu dalam kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan hari ini.

“Ini merupakan bencana yang tidak diminta, tetapi kepada seluruh masyarakat desa Mlaya supaya selalu waspada karena sekarang sudah memasuki musim penghujan,” tuturnya.

Terpisah, Danramil 11/Punggelan, Kapten Inf Katut Suwaryanto menekankan kepada Babinsanya untuk memberikan rasa aman dan nyaman serta mengimbau kepada warga sekitar untuk selalu waspada dan warga harus menyikapi bencana tersebut dengan hati yang tenang, serta peduli untuk bergotong royong membantu membersihkan tanah yang menimbun rumah Sirin.

“Di musim penghujan ini kita harus tetap waspada, karena hal-hal buruk lainnya bisa saja sewaktu-waktu menimpa kita, baik terhadap bencana alam. Tetap mengedepankan serta mematuhi Protokol kesehatan,” kata Danramil. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *