18/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Babinsa Bersama Tim Satgas Covid-19 Lakukan Tracking Kontak dan Swab Kepada Warga

CILACAP (BANYUMAS POS) – Babinsa Jajaran Kodim 0703/Cilacap terus bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dalam memantau warganya yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19. Kegiatan tersebut sebagai satu langkah dalam penanganan Covid-19 di wilayahnya.

Seperti yang dilakukan anggota Koramil 11/Sidareja bersama Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Cipari melakukan test swab terhadap warganya yang kontak erat dengan salah satu warga lainnya yang terkonfirmasi Covid-19 di halaman salah satu warganya yang tinggal di RT 02/05 Desa Cipari, Kamis (17/6/2021).

Babinsa Cipari Koramil 11/Sidareja Serda Jumoro mengatakan, ia mendampingi Tim Kesehatan yang tergabung dalam Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Cipari untuk melaksanakan test swab terhadap warga yang kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi Covid-19.

“Hal ini bertujuan agar segera bisa kita ketahui sehingga tidak menyebar ke orang ataupun ke wilayah lainnya,” jelas Babinsa.

Terpisah, kegiatan yang sama juga dilakukan oleh Babinsa Buntu, Koramil 03/Kroya, Sertu Sartono bersama Bidan Desa, Desi Chanifatun dan Tracer Desa Buntu, Ani Yusmiati melakukan tracing warga yang kontak erat dengan SN, salah satu paaien terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil Swab PCR RSUD Banyumas pada tanggal (15/6/2021) lalu.

Dalam pelaksanaan Contact Tracing Covid-19, Babinsa memberikan edukasi kepada warga supaya menerapkan Protokol kesehatan Covid-19, mengkonsumsi makanan yang bergizi serta vitamin dan istirahat yang cukup.

Selain itu, berjemur pada pagi hari selama melaksanakan Isolasi mandiri dirumah. Dalam kesempatan itu, Babinsa juga membagikan masker kepada warga yang melaksanakan isolasi.

Babinsa Buntu, Koramil 03/Kroya, Sertu Sartono menjelaskan, ada 4 orang anggota keluarga yang kontak erat dengan pasien. Selain melaksanakan isolasi mandiri, mereka akan dilakukan swab PCR di Puskesmas Kroya ll.

“Apabila ada perkembangan atau hal-hal yang sifatnya emergenci, supaya segera menghubungi Bidan Desa atau petugas Satgas Covid-19 Desa Buntu,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *