27/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Awalnya Berniat Ngabuburit, Berubah Mencuri Motor Milik Warga

KEBUMEN (BANYUMAS POS) -Tersangka pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor inisial AM (26) merupakan residivis dengan kasus yang sama.

Tersangka ini sebelumnya divonis 5 bulan penjara pada tahun 2020 karena kasus Curanmor, dan hanya menjalani 3,5 bulan penjara setelah mendapatkan program asimilasi, kini harus kembali mendekam di jeruji besi akibat perbuatannya lagi.

Janji yang pernah terucap untuk berhenti melakukan kejahatan, kini dilanggar oleh tersangka sehingga harus berurusan dengan hukum kembali.

Tersangka kembali melakukan kejahatan pencurian kendaraan bermotor pada hari Sabtu (17/4/2021) sekitar pukul 16.30 WIB di Desa Karanggedang, Kecamatan Sruweng, Kebumen.

Ia diduga mencuri sepeda motor Yamaha Jupiter milik korban berinisial SL (38) warga setempat saat diparkir di pekarangan.

Kapolres Kebumen AKBP, Piter Yanottama melalui Kapolsek Sruweng AKP Tri Sudjarwadi saat konferensi pers mengatakan, tersangka mencuri sepeda motor dengan alasan butuh uang untuk keperluan sehari-hari.

“Sebelum tersangka sempat menjual sepeda motor, kita berhasil mengungkap kasus ini. Tersangka berhasil kita tangkap berikut barang bukti sepeda motor milik korban,” jelas AKP Tri Sudjarwadi didampingi Kasubbag Humas Polres Iptu Tugiman, Selasa (27/4).

Kepada polisi, tersangka mengaku mencuri sepeda motor karena melihat kesempatan di depan mata. Awalnya ia berniat hanya ngabuburit, namun berubah menjadi niat memiliki sepeda motor milik korban.

Lebih lanjut, tersangka yang sejak awal mengetahui di mana korban menyimpan kunci sepeda motor, membuatnya berkeinginan untuk mencuri.

“Tersangka dengan mudah mencuri sepeda motor karena mengetahui penyimpangan kunci kontak sepeda motor itu. Saat korban pergi, kendaraan dicuri tersangka,” ungkap Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, karena perbuatannya, tersangka yang mengaku terlilit hutang di Bank sebanyak 20 juta Rupiah, kembali bernostalgia di balik kamar penjara.

“Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 362 KUHP Pidana tentang pencurian dengan ancaman hukuman penjara paling lama 5 tahun penjara,” pungkasnya. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *