11/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Atasi Kelangkaan, Satgas Jemput Armada Pengiriman Oksigen ke Cilacap

CILACAP (BANYUMAS POS) – Akibat terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Cilacap, kebutuhan oksigen untuk pasien Covid-19 meningkat. Lonjakan pasien dirawat tersebut menyebabkan kebutuhan oksigen semakin tinggi.

Sementara, dari 12 RS rujukan Covid-19 dan 5 fasilitas perawatan Covid-19 lainnya, hanya RSUD Cilacap yang memiliki instalasi oksigen terpusat. Sedangkan lainnya masih menggunakan tabung gas, dengan ukuran berbagai variasi ukuran.

Untuk itu, Satgas Covid-19 Kabupaten Cilacap melakukan penjemputan dan pengawalan terhadap truk penyuplai oksigen isi ulang kebutuhan medis untuk Rumah Sakit dan fasilitas perawatan Covid-19 agar bisa terpenuhi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Cilacap, M Wijaya mengatakan penjemputan sudah mulai dilakukan sejak Minggu malam.

Wijaya menjelaskan, penjemputan itu merupakan hasil koordinasi dengan perusahaan penyedia oksigen isi ulang, agar tabung oksigen cepat sampai ke Cilacap.

“Jadi yang gas itu tidak hanya jalan sendiri, tapi juga dijemput oleh Satpol dan Satgas Covid-19. Dijemput di Slawi, atau di mana itu, agar cepat sampai di sini. Sehingga kita tidak menunggu, tapi jemput bola,” ujarnya.

Dia menambahkan, hal itu dilakukan agar RS rujukan Covid-19 tak sampai kehabisan oksigen karena merupakan salah satu komponen penting alat penunjang napas tersebut.

“Surabaya, Samator, sudah beres tidak ada kelangkaan. Cilacap alhamdulillah sudah bisa kita cover,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *