20/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Antisipasi PPKM Level 4, Bupati Banjarnegara Salurkan JPS Tahap IV 

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono bersama Forkopimda Banjarnegara menyalurkan dana Jaring Pengaman Sosial (JPS) PPKM tahap IV kepada masyarakat, Jumat (20/8/2021) di dua lokasi, yakni Kelurahan Kutabanjarnegara dan Desa Bawang Kecamatan Bawang.

Plt Kepala Dinsos, Noor Tamami, menjelaskan, ada sekitar 236 warga di Kelurahan Kutabanjarnegara dan 72 di Desa Bawang yang menerima bantuan JPS PPKM tahap IV.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyerahkan dana tunai sebesar Rp 300 ribu kepada penerima manfaat kemudian diikuti oleh Dandim 0704/Banjarnegara, Letkol Arh. Sujeidi Faisal.

Kegiatan tersebut dihadiri, Pasi Intel Kejaksaan Negeri Banjarnegara, Yas Zebua, mewakili Kapolres Banjarnegara, Kabag Ops, Kompol Sardoyo dan Ketua DPRD Banjarnegara diwakili Ketua Komisi IV, Zarkasy S.Thi.

Tampak hadir, sejumlah pejabat Pemkab, antara lain Plt Kepala Dinas Sosial, Noor Tamami, Kepala Dinas Kominfo, Riono Rahadi Prasetyo, Kalakhar BPBD, Aris Sudaryanto, Forkopimcam Bawang dan Banjarnegara.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono mengatakan, dana yang diserahkan bersumber dari APBD Kabupaten, sebagai tanggung jawab dan kewajiban Pemerintah atas diterapkannya PPKM tahap IV, hingga tanggal 23 Agustus mendatang.

“Masa PPKM tahap empat diperpanjang dan Banjarnegara masuk level tiga, Pemkab kembali menyalurkan JPS untuk masyarakat yang terdampak,” ungkapnya.

Lanjut Bupati, Pemkab Banjarnegara menerapkan PPKM Level III dari sebelumya Level IV. Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada jajaran ASN, TNI, Polri yang telah mengedukasi Protokol kesehatan (Prokes) kepada masyarakat secara humanis.

“Saya senang semua bersatu. Kalau indonesia bisa bersatu seperti ini, kita bisa lawan Covid-19,” ujar Bupati.

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih atas kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan aturan Protokol kesehatan, sehingga Banjarnegara jadi level III dan berharap bisa meningkat menjadi level dua.

“Alhamdulillah dengan dana APBD murni Kabupaten Banjarnegara yang sudah disetujui oleh DPRD. kami bisa membagikan untuk keluarga yang terdampak,” tuturnya.

Dalam penyaluran JPS PPKM, Pemkab Banjarnegara bekerja sama dengan PT Pos Indonesia menyasar masyarakat kurang mampu yang terdampak adanya wabah Covid-19 dan belum mendapatkan bantuan dari sumber dana yang lain seperti PKH dan TKSK.

Anggaran JPS PPKM Darurat ini sendiri berasal dari APBD Kabupaten Banjarnegara, sebesar Rp 5,1 miliar, dengan total penerima manfaat sebanyak 17 ribu KK lebih dengan masing-masing KK yang terdampak menerima bantuan tunai sebesar Rp 300 ribu. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *