05/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Antisipasi Penyalahgunaan Anggaran, Tim Dalprog Kodam IV/Diponegoro Kunjungi Korem 071/Wijayakusuma

BANYUMAS (BANYUMAS POS) – Guna mengantisipasi penyalahgunaan anggaran di lingkungan TNI AD khususnya lingkup Kodam IV/Diponegoro, Tim Dalprog dari Srendam IV/Diponegoro dipimpin Kolonel Inf Hery Setiyanto mengunjungi Makorem 071/Wijayakusuma.

Kunjungan Tim Dalprog Srendam IV/Diponegoro dalam rangka pengawasan dan evaluasi (Wasev) Pengendalian Program Kerja dan Anggaran TA. 2021 tersebut diterima Kasrem 071/Wijayakusuma, Letkol Kav Kristiyanto mewakili Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin di Aula Jenderal Sudirman, Sokaraja, Banyumas, Senin (5/7/2021).

Danrem 071/Wijayakusuma mengawali amanat tertulisnya yang dibacakan Kasrem 071/Wijayakusuma, mengucapkan selamat datang kepada Tim Dalprog dari Kodam IV/Diponegoro.

Ia berharap, pelaksanaan Dalprog ini berjalan lancar sehingga diperoleh hasil yang diharapkan oleh Tim Dalprog serta dapat ditemukan solusi dari hambatan yang dihadapi Makorem dalam pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TA. 2021 ini.

Danrem mengatakan, kunjungan Tim Dalprog dari Kodam IV/Diponegoro ini sasaran utamanya akan difokuskan pada pelaksanaan Progjagar sampai dengan TW. II TA. 2021.

Terkait dengan hal tersebut, Danrem berharap kepada para pejabat yang membidangi masalah anggaran dan perbendaharaan dapat menjelaskan kondisi daya serap anggaran yang telah dilaksanakan disertai bukti-bukti fisik dan administrasinya.

“Manfaatkan kunjungan Tim Dalprog ini untuk mendapatkan informasi atau masukan tentang hal-hal yang belum jelas sehingga didapatkan kesamaan pemahaman dengan arah kebijakan Dalprog yang diterapkan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Dalprog Kodam IV/Diponegoro, Kolonel Inf Hery Setiyanto dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Dalproggar Kodam IV/Diponegoro merupakan salah satu metode pengendalian untuk melaksanakan tindakan korektif serta mendorong percepatan pelaksanaan kegiatan program dan anggaran yang telah ditetapkan.

Dia menambahkan, sehingga pelaksanaan program dan anggaran dapat selesai tepat waktu dan tepat sasaran.

Lebih lanjut, dikatakan, agar pelaksanaan program dan anggaran Kodam IV/Diponegoro TA. 2021 dapat tercapai secara optimal, maka setiap Satker/Sub Satker agar melaksanakan kegiatan Progjagar TA. 2021 dengan memperhatikan akuntabilitas, tertib administrasi dan tertib hukum.

Diharapkan kegiatan dapat diselesaikan tepat waktu sesuai jadwal yang telah direncanakan, berkoordinasi dengan Waslakgiat guna menjamin penyelesaian kegiatan yang tertunda karena terdampak revisi penyesuaian DIPA pada RKA 2021.

Hal tersebut untuk menghindari atensi/temuan Wasrik Internal/Eksternal, salah akun, klasifikasi belanja, ketiadaan TOR dan RAB.

“Laksanakan percepatan penyerapan anggaran, terutama pada kegiatan-kegiatan yang tertunda akibat pandemi Covid-19 dan manfaatkan aplikasi Sisfo TNI AD yang sudah tergelar di satuan masing-masing dan lakukan update data secara rutin,” pungkasnya. (dl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *